Masyarakat Humbahas Minta Kehadiran MPP Tidak Sekedar 'Lip Service'

- Minggu, 19 Maret 2023 | 13:51 WIB
Ombudsman RI tinjau kesiapan MPP di Humbahas. (Foto: Realitasonline/Dok)
Ombudsman RI tinjau kesiapan MPP di Humbahas. (Foto: Realitasonline/Dok)

Humbahas – realitasonline.id | Masyarakat Humbahas berharap kehadiran Mall Pelayanan Publik (MPP) tidak sekedar lip service (pelayanan pasonang-sonangkon, batak-red). Ini disebut Eduard Panggabean, pengamat Tapanuli, di Dolok Sanggul, Sabtu (18/03/23).

Menurut Eduard, sebelum kehadiran MPP, beberapa OPD yang melakukan pelayanan publik, cukup diacungi jempol.

“OPD bahkan berkompetisi melakukan yang terbaik dalam aksi pelayanan pada masyarakat. Bahkan, beberapa OPD juga sudah melakukan aksi jemput bola. Bila kehadiran MPP nantinya kembali ke awal dan tidak ditemukan inovasi yang terbaik. Inikan kemunduran,” tegasnya.

Sebelumnya anggota Ombudsman RI, Jemsly Hutabarat mengajak masyarakat supaya memanfaatkan MPP yang terintegrasi dengan jaminan pelayanan lebih murah, mudah dan terjangkau.

"Ombudsman bertugas mengawasi semua penyelenggara pelayanan publik. Artinya, tujuan MPP sebagai pusat pelayanan publik, maka unit layanan ini harus mampu meningkatkan berbagai layanan publik secara terintegrasi," kata Jemsly didampingi Ketua Perwakilan Ombudsman Wilayah Sumut, Abdy Siregar ke wartawan saat meninjau MPP Humbahas, Rabu pekan lalu.

Dengan ketersedian MPP di setiap daerah, pihaknya lebih memudahkan untuk melakukan pengawasan karena sistem teknologi informasinya terintegrasi.

“Dikatakan terintegrasi karena jaminan kemudahan semua layanan administrasi publik masyarakat satu pintu. Artinya, akses ke MPP itu sendiri terpenuhi dengan jaminan lebih cepat, biaya lebih murah untuk segala urusan administrasi di MPP," ucapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kabupaten Simalungun Sukses Turunkan Stunting

Sabtu, 1 April 2023 | 10:19 WIB

Bupati Labusel Lantik Pejabat Pimpinan Pratama

Jumat, 31 Maret 2023 | 23:49 WIB
X