nusantara

Hadapi Tantangan Komunikasi Modern, Dirut Pelindo Ingatkan Hal ini

Kamis, 31 Juli 2025 | 14:26 WIB
Pentingnya Komunikasi Yang Proaktif dan Responsif, Ini Kata Dirut Pelindo

Realitasonline.id - Batam | Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, Arif Suhartono, menekankan pentingnya komunikasi yang proaktif dan responsif dalam membentuk citra positif dan menjaga reputasi perusahaan.

Hal tersebut disampaikan dalam sambutan dan arahannya di acara Forum Humas Regional 1 Pelindo pada Rabu (30/7/2025) sampai Kamis (31/7/2025) di Batam.

Kegiatan digelar selama 2 hari itu dihadiri oleh seluruh General Manager/Branch Manager, serta Manager Kehumasan dari seluruh cabang Pelindo Regional 1 dan perwakilan Subholding Pelindo Group.

“Komunikasi yang efektif, berbasis data, dan dilakukan secara konsisten, menjadi fondasi penting dalam menghadapi tantangan komunikasi modern, baik dalam meredam krisis maupun membangun persepsi publik positif yang berkelanjutan,” ujar Arif.

 

Baca Juga: Petronas Jadi Perusahaan Migas Pertama Ikuti Program Kepatuhan KPPU

 

Ia juga menegaskan bahwa pentingnya pemahaman konteks dan konten isu, dikombinasikan dengan cara berkomunikasi yang bijak, sehingga informasi yang tepat dapat diterima dengan baik oleh publik.

Hubungan yang baik dengan media dan para pemangku kepentingan di wilayah unit kerja masing-masing menjadi faktor pendukung utama yang wajib terus dipelihara.

“Menjaga reputasi Pelindo menjadi tanggung jawab seluruh insan perusahaan, bukan hanya tugas humas. Kita semua adalah wajah Pelindo. Maka, setiap individu harus mampu menjadi duta informasi yang memahami substansi dan menyampaikan dengan cara yang baik,” tegas Arif.

Salah satu peserta kegiatan, General Manager Pelindo Gunung Sitoli, Ardhi Amarullah, memberikan apresiasi atas pelaksanaan forum yang menurutnya sangat relevan bagi penguatan kompetensi humas di daerah.

Baca Juga: BKMT Arse Peringati 1 Muharram, Mantan Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu Ajak Warga Bersatu

 

“Kami semakin memahami bahwa komunikasi yang cepat, tepat, dan berbasis data adalah kunci utama untuk membangun kepercayaan publik, sekaligus mencegah eskalasi krisis,” kata Ardhi.

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB