Bukan Pajero dan Patrol Biasa: Fakta Mengejutkan Tentang Mesin BMW M57 yang Membuatnya Jadi Raja di Jalur Ekstrem

photo author
- Kamis, 2 Oktober 2025 | 16:16 WIB
Mitsubishi Pajero M57 dan Nissan Patrol GR M57 sebenarnya merujuk pada kode mesin M57, yaitu mesin diesel enam silinder segaris buatan BMW. (Tangkapan Layar YouTube Off Road Kosova)
Mitsubishi Pajero M57 dan Nissan Patrol GR M57 sebenarnya merujuk pada kode mesin M57, yaitu mesin diesel enam silinder segaris buatan BMW. (Tangkapan Layar YouTube Off Road Kosova)

Realitasonline.id - Mitsubishi Pajero M57 dan Nissan Patrol GR M57 sebenarnya merujuk pada kode mesin M57, yaitu mesin diesel enam silinder segaris buatan BMW.

Mesin ini terkenal tangguh, bertenaga, dan banyak dipakai juga di mobil-mobil BMW seri 5, 7, maupun X5.

Beberapa penggemar offroad kemudian melakukan swap engine, yaitu mengganti mesin standar Mitsubishi Pajero maupun Nissan Patrol dengan mesin BMW M57.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan tenaga lebih besar, torsi lebih kuat, serta efisiensi yang lebih baik dibanding mesin bawaan.

Mitsubishi Pajero M57 → Pajero lawas (seperti Pajero V20 atau V60) dimodifikasi dengan mesin M57. Hasilnya, mobil jadi lebih bertenaga, cocok untuk offroad jarak jauh dengan konsumsi solar yang masih tergolong irit.

Nissan Patrol GR M57 → Patrol GR (sering seri Y60 atau Y61) juga populer dipasangi mesin M57. Karena bodinya besar dan berat, Patrol sangat diuntungkan dengan torsi mesin BMW ini, sehingga lebih mudah menaklukkan jalur berat.

Jadi intinya, Pajero M57 dan Patrol GR M57 bukan varian resmi pabrikan, melainkan hasil modifikasi pecinta offroad dengan mengawinkan sasis dan bodi SUV Jepang yang tangguh dengan mesin diesel Eropa yang bertenaga.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Miftahul Zannah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X