Toyota Kijang Innova Reborn 2020 Tipe V TRD 2.4 Matic: MPV Diesel Sporty yang Langka, Hanya Diproduksi Setahun dan Kini Jadi Incaran Kolektor

photo author
- Jumat, 10 Oktober 2025 | 16:26 WIB
Toyota Kijang Innova Reborn 2020 tipe V TRD 2.4 Matic adalah versi yang dianggap spesial dan agak langka karena TRD Sportivo hanya diproduksi terbatas untuk tahun 2020 untuk varian diesel. (Tangkapan Layar YouTube Pedro Autocarz)
Toyota Kijang Innova Reborn 2020 tipe V TRD 2.4 Matic adalah versi yang dianggap spesial dan agak langka karena TRD Sportivo hanya diproduksi terbatas untuk tahun 2020 untuk varian diesel. (Tangkapan Layar YouTube Pedro Autocarz)

Realitasonline.id - Toyota Kijang Innova Reborn 2020 tipe V TRD 2.4 Matic adalah versi yang dianggap spesial dan agak langka karena TRD Sportivo hanya diproduksi terbatas untuk tahun 2020 untuk varian diesel.

Mobil ini punya karakter sebagai MPV keluarga yang cukup mewah dan tangguh. Berikut gambaran dari mobil ini secara menyeluruh:

Mesinnya diesel, berkode 2GD-FTV berkapasitas 2.393 cc, 4 silinder DOHC dengan turbo dan intercooler, menghasilkan tenaga sekitar 147-/149 PS dan torsi besar (360 Nm) pada putaran rendah-menengah.

Mesin ini cukup terkenal di kalangan pengguna karena durabilitas tinggi dan performa cukup baik untuk kelasnya.

Transmisi otomatis 6 percepatan membuatnya nyaman dipakai di dalam kota atau rute panjang.

Suspensi depan model double wishbone coil spring ditambah stabilizer, sementara suspensi belakang menggunakan 4-link coil spring dengan lateral rod, sehingga handling relatif baik dan stabil walau bobotnya cukup besar.

Dimensinya juga besar: panjang sekitar 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, serta wheelbase sekitar 2.750 mm.

Ruang kabin luas, kapasitas penumpang biasanya 7-8 orang tergantung konfigurasi tempat duduk.

Fitur interior cukup lengkap pada varian V TRD: head unit touchscreen, ada TV console di bagian tengah, audio steering, retract mirror elektrik, jok asli (fabric), ambient light, ada panel kayu & dekorasi yang menunjukkan kelas menengah-atas.

Eksterior dibuat lebih sporty dengan body kit TRD (bumper depan & belakang, side skirt), velg alloy lebih besar dan desain yang tampil lebih agresif dibanding tipe standar.

Fitur lampu proyek, sensor parkir, kamera mundur biasanya sudah disertakan untuk mendukung kenyamanan dan keamanan.

Karena diesel dan output torsi besar, konsumsi bahan bakarnya bagi pengguna die-sel dianggap cukup efisien untuk kelasnya, walau tentu tidak sama irit seperti mobil kecil bensin.

Biaya perawatan, part, dan servis sedikit lebih tinggi dibanding tipe bensin karena komponen turbo/ intercooler & sistem injeksi yang lebih kompleks.

Karena TRD Sportivo diesel AT tipe V hanya di produksi terbatas di tahun 2020, mobil seperti ini dianggap koleksi oleh sebagian orang, nilai jual bekasnya cukup stabil, apalagi kondisi & kilometernya terjaga.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Miftahul Zannah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X