Realitasonline.id - Langsa | Katarak merupakan, gangguan penglihatan mata akibat keruhnya lensa mata, umumnya dialami masa lansia akibat faktor usia bertambah. Namun biaya pengobatan untuk menangani katarak, sering menjadi kendala dialami sebagian masyarakat.
Hal ini diungkapkan Faridah (72), Jumat (7/3/2025) warga Kota Langsa, merasa beruntung dengan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, telah hadir melayani Katarak.
Faridah menceritakan pengalaman dirinya, dengan menggunakan JKN tentang program fasilitas kesehatan secara gratis. Apalagi Program JKN ini telah membantu, jutaan masyarakat di Indonesia untuk memberikan perlindungan dan bantuan kesehatan, papar Faridah, didampingi cucunya di Rumah Sakit terkenal Kota Langsa.
Menurut hasil pemeriksaan yang telah ditangani dokter Spesialis mata, dirinya sudah setahun ini didiagnosa Katarak.
Baca Juga: 3 Pria ini Gelapkan Motor Scoopy Milik Temannya, Alasan Mau Pinjam untuk Mandi tapi Malah Digadai
“Saya sebenarnya sudah menyadari adanya, gangguan pada mata saya sejak lama. Awalnya saya merasa penglihatan saya agak kabur, tetapi tidak terlalu memperdulikan, karena mengira itu hanya efek usia semakin tua. Namun merasa kondisi semakin parah dan mengganggu aktivitas, saat itu juga saya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut di Faskes terdekat,” ucap Faridah
Faridah bersyukur telah terdaftar menjadi peserta Program JKN. Hal inilah, membuat dirinya dan keluarga tidak khawatir, jika secara tiba-tiba jatuh sakit karena, terus terjamin dengan Program JKN.
Saat ini Faridah, sedang menjalani pemeriksaa dokter menyarankan, untuk segera menjalani operasi. Jika dibiarkan kondisi mata, bertambah fatal dan bisa semakin buruk.
Mungkin, kalaulah pengalaman dirinya tidak terdaftar, sebagai peserta JKN tentu menjadi sangat panik ketika diarahkan untuk operasi. Sudah pastilah, sangat banyak biaya harus dikeluarkan untuk menjalani operasi katarak.
"Beruntung saya sudah terdaftar sebagai peserta Program JKN semenjak masih bekerja dulu dan sangat bersyukur, BPJS Kesehatan selalu memudahkan untuk mendapatkan pengobatan. Tidak perlu "galau", khawatir dengan masalah biaya serta tidak pernah terkendala. Terbukti saya selalu mendapatkan, pelayanan terbaik dan tidak pernah merasakan, pelayanan yang berbeda diberikan petugas kesehatan,” ungkap Faridah.
Pelayanan fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan sudah sangat baik, baik di klinik maupun rumah sakit.