Realitasonline.id – Grup GoTo dan TikTok resmi mengumumkan kerjasama dan kemitraan untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.
Kolaborasi ini memiliki tujuan atau fokusnya pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi para pelaku UMKM nasional.
Binis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana dalam sistemnya TikTok akan menjadi pengendali atas PT Tokopedia.
Baca Juga: Meraih Rating Tinggi, Ini Dia Review Menarik Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film (2023)
Menurut data dan kabar yang beredar, TikTok diketahui berinvestasi jangka panjang senilai US$1,5 miliar.
TikTok akan menginvestasikan dana sekitar Rp23,4 triliun untuk melakukan kerjasama dan mendukung operasional Tokopedia.
Kemitraan ini tentu akan membawa keuntungan bagi GoTo, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Baca Juga: Rumah Produksi Film Parasite Mulai Berinvestasi di Film 13 Bom di Jakarta
Dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.
Mengapa kerja sama TikTok dan Tokopedia adalah win win solution untuk semua pihak?
1. Tokopedia bisa menargetkan pembeli impulsive yang biasanya ada di TikTok Shop
2. Tokopedia bisa mendapatkan dorongan permintaan yang besar dari segmen pasar TikTok Shop.
3. Tokopedia bisa mendapatkan akses dan dukungan teknologi ke jejaring global yang sudah dilakukan oleh TikTok dan Bytedance.
4. UMKM yang sudah terbiasa dan onboarding di Tokopedia bisa mendapatkan paparan lebih luas ke pasar TikTok pula.