Medan - Realitasonline.id | News Editor Realitasonline.id, Iin Prasetyo memberikan kelas cara menulis copywriting kepada mahasiswa Universitas Katolik atau Unika Santo Thomas Medan, Sabtu (2/12/2023).
Iin Prasetyo menjelaskan copywriting adalah naskah iklan yang ditulis oleh copywriter untuk tujuan komersial. Dengan copywriting, kata Iin, produk atau layanan yang akan dipasarkan akan lebih mudah meyakinkan orang.
"Rata-rata tujuan copywriting itu untuk komersial, seperti halnya dalam membangun bisnis ada tiga paradigma yang harus diperhatikan yaitu branding, marketing, dan selling. Maka, copywriting merupakan bagian penting dari bisnis," jelas Iin.
Baca Juga: Diwariskan Kepada BCL dan Anaknya, Ini Dia Sederet Bisnis Mendiang Suami BCL Ashraf Sinclair
Namun, Iin mengingatkan bahwa copywriting adalah proses panjang dan kontinu dalam membangun bisnis.
Artinya, manfaat copywriting tidak sekadar meningkatkan penjualan tapi bagaimana membangun inspirasi, edukasi dan membangun citra positif.
Manfaat copywriting juga harus memberikan solusi dan alternatif, hingga memperkenalkan produk dan meningkatkan atensi dan omzet penjualan.
"Cara menulis copywriting bisa memperhatikan beberapa cara, ya. Kita singkat POWER biar ingat, Prepare, Organize, Write, Edit, dan Review," papar alumni UIN Sumut Medan itu.
Adapun Prepare merupakan langkah awal untuk mempersiapkan unsur-unsur pembangun copywriting. Misalnya, mempersiapkan deskripsi, tujuan, harga, manfaat, keunggulan, promo, dll.
Kemudian organize adalah langkah untuk menyusun outline dengan memilih hal-hal penting untuk dimunculkan dalam tulisan copywriting.
"Jadi buat copywriting kita nggak langsung ujug-ujug nulis, ya. Kita siapkan dulu, pahami dulu produknya riset bila perlu untuk mengetahui keunggulan dari produk lain," jelas Iin.
"Nah di tahap Write ini, tulislah. Kita rumuskan headline yang menarik perhatian pembaca, deskripsikan, dan bisa akhiri dengan kalimat persuasi atau call to action," sambungnya.