Siapa yang Tidak Kenal Isuzu Bermoncong Panjang? Kenangan Truk Klasik Mendominasi Hampir Seluruh Lapisan Jalanan Indonesia, Simak Histori Singkatnya

photo author
- Sabtu, 6 Juli 2024 | 08:13 WIB
Penampakan mobil Isuzu bermoncong panjang, yang pada jadul (jaman dulu) banyak digunakan sebagai transportasi pemadam kebakaran. (Tangkapan layar YouTube)
Penampakan mobil Isuzu bermoncong panjang, yang pada jadul (jaman dulu) banyak digunakan sebagai transportasi pemadam kebakaran. (Tangkapan layar YouTube)

Realitasonline.id | Isuzu T-series merupakan truk klasik yang cukup dikenal di Indonesia bahkan mendominasi hampir seluruh lapisan.

Sebutan truk dengan desain bermoncong panjang ini mulai masuk ke pangsa pasar Indonesia sejak awal tahun 70-an hingga 1982.

Dilansir dari Youtube@BabehSDY2D, truk Isuzu ini sering dikaitkan dengan warna cabin kuning dan merah.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Mobil Bekas Suzuki Baleno Pakai Knalpot HKS Harga 148 Juta, Begini Speknya

Umumnya digunakan oleh instansi pemerintah seperti dinas pekerjaan umum dan pemadam kebakaran.

Pada era yang sama jaman dulu (jadul), Isuzu T-series bersaing ketat dengan Toyota Dea.

Berbicara tentang desainnya, truk Isuzu T ini masih mengikuti gaya konvensional dengan mesin di depan cabin, sesuai dengan tren era 60-an hingga 70-an di Indonesia.

Baca Juga: Kamu Pilih Mana? Mobil Bekas Mitsubishi Pajero Sport vs Toyota Fortuner, Begini Perbandingannya yang Bisa Jadi Acuan

Selama beroperasi di Indonesia, truk ini memiliki berbagai varian seperti G20, XD20, D40, TD50, dan lainnya.

Selain itu ada juga seri TX20 yang umumnya dikenal varian paling ringan dengan kapasitas 10 ton, khususnya untuk aplikasi pemadam kebakaran.

Sementara itu, varian seperti D40 lebih besar dengan kapasitas 12 ton, dan D50 ditujukan untuk aplikasi umum dengan kapasitas yang sama.

Baca Juga: Tak Tanggung-Tanggung Isuzu Keluarkan SUV Mesin Diesel, MU- X 4x4 Punya Peforma Lebih Sebanding dengan Pajero dan Fotuner

Mesin diesel yang digunakan pada Isuzu T-series, seperti DA120 dengan konfigurasi 6 silinder inline.

Fiturnya memberikan daya maksimal 138 horsepower pada 2600 RPM dan torsi maksimal 388 Nm pada 1400 RPM.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Mukhtar Habib

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X