Realitasonline.id - Berikut penjelasan lengkap mengenai Scania K250 UB 2025, bus low entry modern yang menghadirkan kenyamanan dan performa tinggi:
Desain dan Aksesibilitas
-
Low entry floor lantai rendah memudahkan akses lansia dan penumpang dengan kebutuhan khusus, termasuk pintu tengah dengan fitur kneeling (Electronic Level Control) dan ramp untuk kursi roda
-
Cabrio bergaya city-bus yang rapi dan elegan sesuai standar Eropa.
Mesin dan Performa
-
Penggerak: mesin diesel 9 000 cc DC09 Euro 3 dengan tenaga 250 HP pada 1 900 rpm, torsi maksimal 1 250 Nm di 1 000–1 350 rpm
-
Efisiensi tinggi dan bisa menggunakan biodiesel B30 hingga B100
-
Transmisi otomatis ZF EcoLife/Opticruise dengan 6 kecepatan, lengkap dengan retarder, hill-hold, dan down‑hill speed control untuk pengendaraan yang halus di kondisi stop-and-go
Suspensi dan Kenyamanan
-
Suspensi udara full‑axle (2 depan 4 belakang) plus electronic levelling control. Menjamin ride yang halus dan stabil
-
Kneeling auto untuk memudahkan penumpang masuk/keluar.
-
Interior pengemudi dirancang ergonomis dengan dashboard baru, tombol mudah dijangkau, serta bahasa Indonesia
Sistem Keamanan
-
Rem EBS (Electronic Braking System) dan ABS, serta retarder, hill-hold, dan downhill‑speed control
-
Stability aids seperti ESP (Electronic Stability Program) turut melengkapi
-
Ketersediaan fire detector tiga titik di ruang mesin menjadi nilai tambah dalam hal keamanan
Monitoring dan Efisiensi
-
Dilengkapi telematics via Scania Fleet Management Service: monitoring real-time, driver support, evaluasi performa pengemudi
-
Fitur ON-board Coaching memberi masukan untuk cara mengemudi yang lebih efisien.
Aplikasi Lapangan
-
Sudah digunakan TransJakarta untuk layanan Metro Trans dan Royal Trans; uji coba menunjukkan performa suspensi lembut dan nyaman saat stop dan go di kota