Cara Meningkatkan Kenyamanan Toyota Fortuner Tanpa Mengganggu Keawetan Mesin dan Sasis

photo author
- Jumat, 7 November 2025 | 20:35 WIB
 Toyota Fortuner (Realitasonline/toyota.astra.co.id)
Toyota Fortuner (Realitasonline/toyota.astra.co.id)

Realitasonline.id- Toyota Fortuner adalah mobil ladder frame yang sangat terkenal karena daya tahan, ground clearance tinggi, dan torsi diesel yang besar. Namun, karakter asli mobil ladder frame itu memang cenderung lebih keras dan lebih goyang dibandingkan mobil monocoque.

Karena itu, banyak pemilik Fortuner ingin membuat mobil ini lebih nyaman, lebih empuk, lebih tidak “limbung” atau tidak terlalu membal, tanpa harus merusak kaki-kaki, mesin, ataupun menurunkan keawetan sasis.

Ini bisa dilakukan. Yang penting bukan sekedar modifikasi, tetapi modifikasi yang tepat dan tidak merusak.

Baca Juga: Tips Membersihkan Rem Tromol Belakang Toyota Fortuner Saat Musim Hujan Agar Tidak Timbul Bunyi Aneh

Ban

Ban adalah komponen yang langsung menyentuh aspal. Banyak Fortuner memakai ban AT (All Terrain) untuk gaya offroad. Keren memang, tapi ban AT cenderung lebih keras dan lebih berisik. Cara paling aman meningkatkan kenyamanan adalah memilih ban HT (Highway Terrain) dengan profil lebih empuk.

Ini akan mengurangi bunyi “dengung” dan membuat mobil lebih halus tanpa mengubah komponen kaki-kaki. Pilih compound ban yang soft-medium, bukan hard. Cek tekanan ban secara rutin 32–35 psi. Jangan terlalu keras, karena justru membuat kabin keras.

Shockbreaker

Fortuner OEM per 2 generasi terakhir sebenarnya sudah lumayan nyaman, tapi untuk kenyamanan premium seperti SUV monocoque, shock aftermarket yang lebih halus adalah solusi tanpa merusak sasis. Yang penting, jangan pilih shock yang “lebih keras”.

Pilih shock yang karakter damping-nya comfort road use, bukan performance offroad. Banyak shock aftermarket yang dibuat untuk kenyamanan touring. Pastikan pemasangan dilakukan bengkel suspensi yang paham torque spec supaya tidak menurunkan umur bushings.

Engine mounting jangan dioprek

Banyak sekali pemilik Fortuner yang mengganti mounting OEM dengan aftermarket “performance”. Ini salah total jika orientasinya kenyamanan. Mounting OEM Toyota itu sudah paling aman, paling halus. Ganti mounting malah memicu getaran mesin ke kabin. Jika ada getaran, cukup ganti mounting dengan OEM baru, bukan modifikasi.

Baca Juga: Teknik Berkendara di Musim Hujan Menggunakan Toyota Fortuner, Ini Cara Aman di Jalan Licin dan Genangan

 

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X