Ombudsman RI dan Bappenas Kunjungi Pemkab Langkat, Sinergi untuk Tingkatkan Standar Pelayanan Publik

photo author
- Senin, 4 November 2024 | 22:34 WIB
Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI berkunjung ke Pemkab Langkat, diterima Sekdakab H Amril, (Realitasonline.id/AA)
Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI berkunjung ke Pemkab Langkat, diterima Sekdakab H Amril, (Realitasonline.id/AA)

Realitasonline.id - Langkat | Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara dan Tim Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI berkunjung ke Pemkab Langkat, diterima Sekdakab H Amril, di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Langkat Stabat.

Kunjungan tersebut guna melakukan uji petik, terkait efektivitas peran Ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik di Kabupaten Langkat.

Tim Bappenas diwakili Eva Noer Cholis Rohmiati menjelaskan, kegiatan ini berfokus pada pengumpulan data untuk mengevaluasi kualitas layanan publik, khususnya di sektor administrasi kependudukan yang dikelola Disdukcapil Langkat.

Baca Juga: Hadiri FGD BEJO'S Bappenas RI, Ketua SMSI Sumut Minta Negara Harus Hadir Dukung Eksistem Media Lokal

James Marihot Panggabean, perwakilan Ombudsman RI Sumut, menyampaikan bahwa hasil dari uji petik ini diharapkan akan menjadi masukan penting bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kebijakan pelayanan publik yang lebih tepat sasaran.

"Data yang terkumpul akan membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang lebih efektif dan sesuai kebutuhan masyarakat," jelas James.

Sekda Langkat H Amril menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bappenas dan Ombudsman dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah.

Baca Juga: Telkom dan Bappenas Siapkan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia

"Kami berharap hasil uji petik ini dapat menjadi referensi bagi perbaikan tata kelola pelayanan publik di Langkat, agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang lebih efektif, transparan, dan memadai," ujar Sekda Amril.

Pemerintah Kabupaten Langkat, lanjutnya, berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan publik melalui sinergi yang kuat dengan lembaga pengawas seperti Ombudsman RI.

“Sinergi ini sangat penting untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga: Telkom dan Bappenas Siapkan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia

Kepala Disdukcapil Langkat Faizal Rizal Matondang memaparkan capaian dan inovasi telah dilakukan, guna meningkatkan layanan administrasi kependudukan di Langkat. Beberapa di antaranya adalah digitalisasi data penduduk dan penerapan sistem antrian berbasis teknologi, yang diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan.

Kegiatan uji petik ini melibatkan serangkaian observasi, wawancara, dan evaluasi terhadap pelaksanaan pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman RI di Disdukcapil Langkat. Tim Bappenas juga akan menganalisis tantangan yang ada serta potensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di masa mendatang.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Mery Ismail

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB

Terpopuler

X