sumut

Lom Lom Suwondo Harapkan Pelayanan Publik Semakin Baik di Deli Serdang

Selasa, 7 Oktober 2025 | 16:48 WIB
Wakil Bupati Lom Lom Suwondo saat membuka Sosialisasi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik. (Realitasonline.id/Dok)

Realitasonline.id - Lubuk Pakam | Wakil Bupati Deli Serdang Lom Lom Suwondo buka Sosialisasi Penilaian Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kecamatan di lingkungan Pemkab Deli Serdang di Aula Cendana lantai II  Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa 7/10/2025.

"Sejalan dengan itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang juga terus dituntut untuk melakukan perbaikan agar penyelenggaraan pelayanan publik bisa semakin baik, hingga menyentuh lapisan terendah, yaitu di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan," ungkap Lom Lom Suwondo.

Penyelenggaraan pelayanan publik adalah hal serius. Maka dari upaya-upaya perbaikan harus terus dibenahi dan ditingkatkan.

Baca Juga: Tindaklanjuti Instruksi Gubenur Aceh, Bupati Safaruddin akan Evaluasi Semua Tambang di Abdya

Terlebih, saat ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dan Ombusdman Republik Indonesia setiap tahun melakukan evaluasi dan penilaian terhadap kualitas penyelenggaraan pelayanan publik.

Dalam upaya perbaikan dan pembenahan, lanjut Wabup, ada beberapa komponen standar pelayanan yang perlu terus dievaluasi, antara lain kebijakan, kompentensi dan profesionalisme sumber daya manusia (SDM), serta komponen komponen lain.

"Saya berharap, melalui sosialisasi ini semua aspek tersebut dapat kita benahi dan tingkatkan secara bersama-sama," harap Wabup.

Wabup kembali menekankan tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang berorientasi pada pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca Juga: Aksi Cepat Polresta Bogor Kota, Warga Jujur Kembalikan Handphone hilang

Penilaian penyelenggaraan pelayanan publik di tingkat kecamatan merupakan instrumen penting untuk mengukur kinerja sekaligus mendorong peningkatan mutu layanan yang diberikan kepada masyarakat.

"Pemerintah harus hadir dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, dan mudah," sebut Wabup.

Wabup berkeinginan Deli Serdang bisa semakin maju dan penyelenggaraan pelayanan publiknya semakin baik, karena sejalan dengan misi pertama pembangunan Kabupaten Deli Serdang, yaitu Sehat Pelayanan Publiknya.

Perwujudan misi tersebut melalui program Cepat, Transparan, dan Mudah (CTM) serta Pelayanan Adminstrasi Terpadu Kecamatan Lengkap dan Elektronik (Paten Kali).

Baca Juga: Ketua DPRD Kota Bogor Dukung Kegiatan Internasional SSMI IPB

"Program CTM yang sudah kita canangkan tidak boleh hanya berhenti sebagai slogan, melainkan harus benar-benar dilaksanakan dalam segala aspek penyelenggaraan pelayanan publik," tegas Wabup.

Halaman:

Tags

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB