medan

Sering Dianggap Jutek, DPRD Medan Tegur Perawat : Petugas Harus Ramah dan Humanis Layani Pasien

Rabu, 14 Februari 2024 | 15:26 WIB
Ilustrasi gambar rumah sakit. (Realitasonline.id/Dokumen)

Realitasonline.id| Medan, Ketua DPRD Medan Hasyim mendorong 41 Puskesmas harus meningkatkan pelayanan UHC (Universal Health Coverage/ Cakupan Kesehatan Semesta) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) 2024.


Kata Ketua DPRD Kota Medan, 41 Puskesmas dan 31 Puskesmas Pembantu (Pustu) yang ada di Kota Medan agar terus ditingkatkan pelayanannya dalam layani pasien.

Petugas medis maupun perawat harus ramah dan humanis dalam melayani pasien, ucap Hasyim kemarin.

Baca Juga: Tinjau TPS, Kapolda Sumut: Memastikan Pelaksanaan Pencoblosan Aman dan Damai

Bukan hal baru lagi bahwa DPRD Medan sering menerima pengaduan dari warga terkait sikap para petugas medis termasuk perawat yang sering bersikap jutek dalam melayani pasien.

Politisi ini melanjutkan memberikan pelayanan kesehatan yang prima merupakan salah satu bentuk meningkatkan pelayanan diberikan oleh seluruh tenaga kesehatan dan petugas lainnya di Puskesmas.

Hal tersebut bertujuan supaya pelayanan UHC JKMB yang dijalankan oleh Pemkot Medan bersama DPRD Kota Medan dapat bermanfaat bagi warga setempat.

Data Dinas Kesehatan Kota Medan hingga Juni 2023 tercatat sebanyak 7.499 warga Kota Medan telah menggunakan layanan UHC JKMB yang diluncurkan Wali Kota Medan di RSUD H Bachtiar Djafar pada 5 Desember 2022.

Baca Juga: Hari Pencoblosan Pemilu, Warga Antusias Datang ke TPS dan Rela Antre

Petugas tidak ada lagi yang cuek, apalagi wajah seram melayani pasien. Tidak ada lagi yang asik main telepon pintar, sehingga tidak merespon setiap pasien yang datang, ujar Hasyim.

Selain itu, terkait pemberian rujukan ke 42 rumah sakit yang bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Kota Medan oleh pihak puskesmas tidak lagi dipersulit.

Biasanya birokrasi yang harus dilalui keluarga pasien menimbulkan banyak dalih. Tapi berikan yang terbaik demi kesehatan warga Kota Medan, tegas Hasyim.

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman terus meningkatkan kualitas pelayanan cakupan kesehatan semesta jaminan kesehatan Medan berkah bagi warga kota.

Baca Juga: Supaya Tak Ketinggalan Informasi terkait Bansos, DPRD Medan Dorong Warga Miskin Lapor ke Kelurahan Begini Mekanismenya

Perbaikan ini guna menindaklanjuti keluhan masyarakat terhadap program tersebut, ujar Aulia.

Menurutnya, peningkatan kinerja pelayanan kesehatan di Kota Medan, baik puskesmas maupun rumah sakit rujukan, yakni RSUD dr Pirngadi dan RSUD H Bachtiar Jafar.

Selain itu, perwujudan perilaku pelayanan kesehatan yang bersifat melayani dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya para tenaga medis.

Peningkatan kualitas SDM, khususnya tenaga medis termasuk prasarana maupun sarana pendukung pelayanan kesehatan seperti alat kesehatan, ungkap Aulia. (AY)

Tags

Terkini

Kota Medan Kirim 5 Armada Damkar ke Aceh Tamiang

Sabtu, 20 Desember 2025 | 15:43 WIB

UMP Sumut 2026 Naik 7,9 Persen Kini jadi Rp3.228.971

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:07 WIB