Realitasonline.id - Medan | Ardian Surbakti Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi setelah dilantik Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Bobby Nasution tanggal 8 Agustus 2025 "tancap gas" meningkatkan pelayanan ke masyarakat pelanggan.
Seperti diketahui pelanggan Tirtanadi berjumlah 501.372 per 2024 yang sebagian besar merupakan pelanggan komersial, untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas air Ardian Surbakti bersama tim manajemen pekan lalu langsung turun ke seluruh Instalasi Pengolahan Air (IPA) seperti IPA Sunggal guna memastikan uprating (peningkatan kapasitas) air 400 L/dtk yang telah selesai pekerjaannya saat ini sedang masa pemeliharaan.
"Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas air diperlukan team work yang kuat,"ujar Ardian Surbakti yang juga Ketua PD Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Sumatera Utara (Sumut) beberapa waktu lalu dihadapan Kepala Divisi (Kadiv) dan Kepala Cabang (Kacab) serta kepala unit lainnya.
Baca Juga: Diguyur Hujan Deras Sejumlah Ruas Jalan Kawasan Kim dan Sekitarnya Terendam Banjir, Warga Ngeluh
Guna memenuhi amanat Gubsu saat Ardian dilantik menjadi Dirut untuk meningkatkan pelayanan serta kualitas air Dirut Ardian Surbakti langsung meninjau Kantor - Kantor Cabang Tirtanadi baru - baru ini untuk melihat langsung pelayanan kepada pelanggan.
"Masuk air pasang baru sekarang cepat melalui online aja dan tidak hanya itu bisa juga sedot tinja dipanggil ke rumah,"ujar Ahmad Ali penduduk Jl Ampera II No 41 Medan Senin (20/10).
Selain itu Ardian Surbakti "tancap gas" tidak hanya pada eksternal namun di internal manajemen Tirtanadi melaksanakan pelatihan - pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pegawai.
Adalah Ketua Lembaga Peduli Pemerintahan dan Pemilu Sumatera Utara (LP3SU) Salfimi Umar mengatakan berdasarkan pengamatannya Tirtanadi semakin baik, terbukti dengan cepat dan sigap petugas melayani pengaduan masyarakat pelanggan.
Baca Juga: INALUM Dorong Pertanian Berkelanjutan di Kuala Tanjung Lewat Metode Tani Nusantara
"Kami melihat dan mengamati Tirtanadi saat ini sudah semakin baik, karena petugas cepat datang merespon jika dihubungi kalo mati air,"ujar Salfimi Selasa (21/10/2025).
Menurut Salfimi meningkatnya pelayanan Tirtanadi dapat dirasakan masyarakat dengan kemudahan yang diberikan seperti dalam pembayaran air sudah dapat dilakukan di semua bank cukup dengan mobile banking maupun di Indomaret maupun Alfamidi.