Realitasonline.id - Jawa Barat | Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Shamy Ardian, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) muda untuk menjadi motor penggerak transformasi pelayanan dan komunikasi publik di lingkungan ATR/BPN.
Ajakan tersebut disampaikan dalam kuliah umum Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ATR/BPN yang digelar di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ATR/BPN, Cikeas, Jawa Barat, Jumat (12/12/2025).
Baca Juga: ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital
Dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Humas dan Protokol didampingi oleh Kepala Bagian Pemberitaan, Media, dan Hubungan Antar Lembaga, Bagas Agung Wibowo, serta Kepala Subbagian Pemberitaan dan Media, Arie Satya Dwipraja.
Latsar ini diikuti oleh 318 peserta angkatan IX hingga XVI gelombang 2 Tahun 2025 yang berasal dari berbagai unit teknis Kementerian ATR/BPN, Kantor Wilayah (Kanwil) BPN, serta Kantor Pertanahan (Kantah) di seluruh Indonesia.
Keberagaman latar belakang peserta tersebut menjadi momentum strategis untuk menyamakan visi pelayanan serta memperkuat kapasitas komunikasi publik di seluruh satuan kerja.
Dalam paparannya, Shamy Ardian menegaskan, setiap ASN memiliki peran sebagai komunikator instansi. Menurutnya, sikap, tindakan dan tutur kata ASN akan mencerminkan citra kementerian di mata masyarakat.
Baca Juga: Kantor Pertanahan Padangsidimpuan Dukung Penguatan MPPD Sumut
“ Setiap ASN adalah komunikator instansi. Apa pun tindakan dan ucapan kita akan mencerminkan jati diri kementerian. Karena itu, mari bersama-sama menunjukkan pelayanan yang profesional, ramah, dan terpercaya, ” ujarnya.
Shamy Ardian juga menjelaskan tugas dan fungsi Biro Humas dan Protokol ATR/BPN yang meliputi strategi komunikasi, publikasi, hubungan media, layanan informasi publik, keprotokolan, hingga tata usaha pimpinan.
Ia menekankan pentingnya peran ASN muda yang memiliki literasi digital dan kemampuan adaptasi tinggi dalam memperkuat komunikasi kementerian, khususnya melalui berbagai kanal media, termasuk media sosial.
Baca Juga: UMP Sumut 2026 Naik 7,9 Persen Kini jadi Rp3.228.971
Bagi ASN yang bertugas di Kantah, Shamy Ardian mengingatkan pentingnya menjaga kualitas pelayanan karena berhadapan langsung dengan masyarakat.
“ Posisikan diri kita sebagai pemohon. Kalau ingin dilayani dengan baik, maka itulah standar yang harus kita berikan, ” tegasnya.