nusantara

Cara Mudah Lakukan Komunikasi Efektif bagi Pegawai dengan Kepribadian Introvert dan Extrovert, 8 Trik Teknik Psikologi Ini Patut Dicoba!

Selasa, 2 Januari 2024 | 20:06 WIB
Ilustrasi gambar 8 trik teknik psikologi yang patut dicoba untuk melakukan komunikasi efektif bagi pegawai introvert dan extrovert. (Realitasonline.id/Tangkapan layar YT Calon Psikologi)

Realitasonline.id| Komunikasi efektif memerlukan trik dan kiat khusus agar pesan yang dimaknai satu pihak, dimaknai dengan sama oleh pihak lainnya.

Trik dan kiat khusus komunikasi efektif ini ada dua tipe pribadi seseorang yang bisa jadi acuan, yaitu kepribadian introvert dan extrovert.

Introvert memiliki kepribadian cenderung senang dengan pekerjaan yang tidak membutuhkan banyak interaksi sosial dengan keramaian.

Sebaliknya, extrovert senang dengan adanya banyak interaksi dan bertemu banyak orang.

Sebelum tahu bagaimana tips agar komunikasi efektif, ada baiknya mengenali dulu diri sendiri dengan baik, apakah diri kita seorang introvert atau extrovert.

Baca Juga: Ayok Cari Tahu Apa Kekuatan Super Dari Setiap Kepribadian MBTI (ENTJ, INTJ, ENFJ, INFJ, ESTJ, ISTJ, ESFJ, ISFJ)

Baca Juga: Ayok Cari Tahu Apa Kekuatan Super Dari Setiap Kepribadian MBTI (ENTP, INTP, ENFP, INFP, ESTP, ISTP, ESFP, ISFP)

Banyak yang menyebut orang introvert pendiam dan pemalu, tapi sebenarnya itu kurang tepat. Kepribadian introvert hanya tidak suka langsung mengutarakan apa isi pikirannya ke forum dan memproses banyak informasi dalam dirinya terlebih dahulu sebelum mengemukakannya.

4 Trik Teknik Psikologi agar bisa melakukan komunikasi efektif bagi pegawai introvert.

1. Seorang introvert cenderung memilih percakapan personal atau dalam kelompok kecil dibandingkan kelompok besar atau berbicara di forum.

Seorang introvert seringkali kesulitan untuk mengemukakan pendapatnya atau mengalami ketakutan jika pendapatnya tampak tidak dihargai dalam forum besar.

Melakukan komunikasi efektif dengan cara personal dan mendalam, kepribadian introvert bisa membangun kepercayaan dan hubungan lebih baik dengan orang lain.

Hal ini berlaku bukan hanya untuk hubungan personal dengan orang-orang terdekat, tapi juga untuk hubungan profesional dengan rekan-rekan kerja, bahkan bos.

2. Bagi introvert, berinteraksi dengan orang lain bisa jadi merupakan sesuatu yang melelahkan. Oleh karenanya, jangan lupa memiliki waktu sendiri untuk berpikir dan membayangkan, karena ini bisa membantu jalannya komunikasi efektif.

Dengan waktu sendiri, kepribadian introvert bisa memikirkan ide-ide terbaik yang bisa berfungsi untuk diterapkan pada project apa pun yang sedang dikerjakan.

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB