nusantara

Nusron Wahid Serukan Modernisasi Pelayanan Publik di Bidang Pertanahan

Rabu, 12 November 2025 | 16:52 WIB
Menteri ATR BPN Nusron Wahid beri arahan kepada jajaran Kanwil BPN Jawa Tengah dan Kantah se Karesidenan Pati di Kudus Jawa Tengah, Kamis (6/11/2025). (Realitasonline.id/Dok)

Realitasonline.id - Jawa Tengah | Menteri ATR BPN Nusron Wahid menegaskan pentingnya transformasi layanan pertanahan agar lebih adaptif terhadap karakter masyarakat masa kini, khususnya generasi muda yang menuntut kecepatan, transparansi dan integritas tinggi.

Hal itu disampaikan Nusron Wahid saat beri arahan kepada jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Tengah dan Kantor Pertanahan (Kantah) se Karesidenan Pati di Kudus Jawa Tengah, Kamis (6/11/2025).

Sesi pengarahan tersebut dimoderatori oleh Kepala Biro Humas dan Protokol Kementerian ATR/BPN, Shamy Ardian, dihadiri Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Tengah, Lampri, yang menyampaikan laporan kinerja kepada Menteri Nusron.

Baca Juga: Bapemperda DPRD Taput: Dinas Perhubungan Lebih Tepat Gabung Dengan PUTR

Dalam arahannya, Nusron menekankan bahwa perubahan paradigma pelayanan publik saat ini telah menjadi kebutuhan mendesak.

” Generasi muda tidak mau lagi berurusan dengan proses yang rumit atau tidak transparan. Mereka ingin semua layanan jelas, terukur dan sesuai aturan. Kalau tidak sesuai, mereka berani bersuara di media sosial. Lima tahun mendatang, generasi itu akan menjadi mayoritas pemohon layanan pertanahan. Untuk itu, kita juga perlu bertransformasi, ” ujarnya.

Menteri Nusron menambahkan, perubahan perilaku masyarakat perlu diimbangi dengan pembaruan sistem pelayanan di lingkungan Kementerian ATR/BPN.

Baca Juga: Bapemperda DPRD Taput: Dinas Perhubungan Lebih Tepat Gabung Dengan PUTR

” Transformasi tersebut diarahkan pada percepatan proses, kemudahan akses, dan kepastian hasil bagi masyarakat, ” terangnya

Menurutnya, langkah konkret yang ditempuh antara lain penyederhanaan proses bisnis, sehingga seluruh kebutuhan layanan pertanahan dapat diurus melalui jalur terpadu.

” Transformasi ini juga akan didukung oleh teknologi informasi yang kuat untuk menjamin kecepatan, efisiensi, dan keamanan data, ” paparnya.

Baca Juga: Toba Creative Festival Tahun 2025 Diharapkan Mampu Mencapai Tujuan yang Diharapkan

Selain sistem, kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi faktor penting dalam mewujudkan layanan publik yang modern.

Nusron menegaskan, aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian ATR/BPN harus memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas tinggi agar mampu beradaptasi dengan tuntutan zaman.

” Transformasi pelayanan bukan sekadar perubahan sistem, tetapi perubahan cara berpikir. Kita layani masyarakat dengan cara yang sesuai dengan semangat zaman, ” tegasnya.(RI)

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB

ATR/BPN Pertahankan Predikat Informatif di 2025

Rabu, 17 Desember 2025 | 22:15 WIB