Realitasonline.id | Turbocharger bekerja dengan memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar turbin dan memompa udara lebih banyak ke ruang pembakaran.
Udara padat hasil dari turbo menghasilkan pembakaran lebih sempurna. Efeknya: tenaga mesin meningkat drastis tanpa membuang BBM.
Saya pernah test drive mobil 1.2 turbo. Akselerasinya mengejutkan! Tenaganya setara mobil 1.8L, tapi konsumsi BBM tetap ekonomis.
Baca Juga: Turbocharger: Teknologi Kecil yang Bikin Mobil Makin Ganas dan Irit
Secara teknis, turbo terdiri dari turbin dan kompresor yang berputar hingga 150.000 rpm. Teknologi presisi ini jadi andalan mobil modern.
Analisa saya: turbo cocok untuk era efisiensi. Pabrikan bisa pakai mesin kecil, tapi tetap bertenaga dan ramah lingkungan berkat turbo.
Turbocharger bukan hanya soal performa, tapi soal kecerdikan teknik otomotif. Kecil, ringan, hemat—tapi bikin mobil terasa seperti jet (EF).