Realitasonline.id | Aplikasi bearing pada sepeda motor itu sangat banyak. Selain banyak, jenis dan tipenya pun beragam. Bearing terdapat di mesin, transmisi, bahkan roda. Nah pada artikel ini, akan dibahas mengenai tipe bearing terbaik untuk roda sepeda motor. Karena dengan memilih tipe yang benar, maka umur bearing roda sepeda motor kamu bakal jauh lebih awet. Yuk disimak.
Tipe bearing untuk roda motor adalah deep groove ball bearing, atau lebih umum disebut ball bearing saja. Untuk kodenya, tiap sepeda motor bisa berbeda-beda. Kode bearing ditandai dengan 4 digit angka, misanya 6205 atau 6302. Selain kode nomor yang harus sesuai, kita juga harus pilih tipe penutup bearing yang tepat.
Tipe penutup bearing yang terbaik untuk roda motor adalah yang menggunakan tutup karet. Bearing punya dua jenis tutup karet, satu sisi saja dan kedua sisi yang tertutup karet. Pastikan kalian pilih yang kedua sisinya memiliki tutup karet. Caranya, pilih bearing dengan kode tambahan 2RS pada akhir 4 digit kode angka. 2RS punya arti two rubber sealed atau Bahasa Indonesianya dua tutup karet. Sedangkan yang hanya satu sisi tutup karet saja, kodenya RS. Jadi misalnya motor kamu pakai bearing roda 6205, belilah bearing dengan kode 6205 2RS. Ada juga produsen bearing yang menulis dengan 62052RS atau 6205-2RS. Artinya sama saja.
Baca Juga: 2 Jemaah Haji yang Sakit di Embarkasi Medan Dijemput Bupati Asahan
Lantas kenapa harus bearing dengan tutup karet? Bearing pada roda motor, sangat rentan terhadap paparan air, debu, dan kotoran. Adanya tutup karet, mampu mencegah kontaminan tersebut masuk ke dalam bearing dan merusak komponen bearing seperti bola gotri dan sangkarnya. Memang ada juga bearing dengan penutup besi, namun kemampuan sekatnya tidak lebih baik dari karet. Jadi, jangan salah pilih lagi ya