Realitasonline.id - Mitsubishi Outlander SEL-AWC adalah salah satu varian SUV menengah dari Mitsubishi yang menonjolkan kombinasi kenyamanan, fitur lengkap, dan kemampuan penggerak semua roda.
“SEL” pada namanya menunjukkan status trim yang lebih tinggi (fiturāeksklusif dibanding varian dasar), sedangkan “AWC” (All Wheel Control atau S-AWC / Super All-Wheel Control tergantung model) menandakan sistem penggerak 4 roda dan kontrol dinamis roda yang ditingkatkan.
Dari segi performa, mobil ini biasanya menggunakan mesin bensin 2,5 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 180–190 hp, dengan torsi yang cukup memadai untuk penggunaan harian maupun perjalanan jauh.
Sistem transmisinya sering berupa CVT (Continously Variable Transmission) atau automatik dengan karakter yang halus untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.
Sistem AWC atau S-AWC adalah fitur unggulan yang mengatur distribusi tenaga ke setiap roda secara adaptif berdasarkan kondisi jalan dan gaya berkendara.
Dengan demikian, ketika jalan licin atau permukaan tidak rata, tenaga dapat dialihkan ke roda yang memiliki traksi lebih baik agar kendaraan tetap stabil dan tidak mudah selip.
Sistem ini juga bekerja sama dengan sistem pengereman dan kontrol stabilitas untuk menjaga kestabilan kendaraan saat menikung atau saat terjadi perubahan arah mendadak.
Di sisi kenyamanan dan fitur, Outlander SEL-AWC biasanya dilengkapi dengan interior premium seperti jok kulit, sistem hiburan dengan layar sentuh yang mendukung koneksi smartphone (Android Auto / Apple CarPlay), sistem navigasi, serta fitur kenyamanan tambahan seperti kursi depan berpemanas, kontrol iklim otomatis multi zona, dan fitur konektivitas terkini.
Fitur keselamatan juga menjadi perhatian penting sistem pengereman canggih (ABS, EBD, brake assist), kontrol traksi, kontrol stabilitas, sensor parkir, kamera belakang dan sistem bantuan pengemudi seperti peringatan blind spot, bantuan keluar jalur, dan sebagainya.
Secara desain, mobil ini memiliki tampilan modern dan agresif garis bodi yang tegas, gril depan khas Mitsubishi, lampu depan LED, velg berdesain menarik, dan garis atap yang aerodinamis.
Kabin relatif lapang untuk penumpang depan dan baris kedua, serta baris ketiga yang bisa dilipat untuk memberikan ruang bagasi lebih luas.
Kelebihan mobil ini antara lain kemampuan all-wheel drive yang membuatnya lebih handal di berbagai kondisi jalan (termasuk saat hujan, jalan licin, atau permukaan tidak rata), kenyamanan dan fitur lengkap untuk kelasnya, terutama bagi pengguna yang mencari keseimbangan antara performa dan kenyamanan.
Namun, kekurangannya bisa berupa konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih tinggi dibanding mobil 2WD sekelas, perawatan sistem penggerak 4 roda yang lebih kompleks, dan harga beli yang lebih tinggi dibanding varian non-AWC.