Cara Kerja Regeneratif Braking di Hyundai Ioniq 6 yang Jarang Dijelaskan, Teknologi Rahasia di Balik Efisiensi Baterai Mobil Listrik

photo author
- Jumat, 3 Oktober 2025 | 10:17 WIB
Hyundai Ioniq 6 dengan fitur regeneratif braking yang mampu mengisi ulang energi saat mobil mengerem. (Realitasonline.id/Hyundaimobil.co.id)
Hyundai Ioniq 6 dengan fitur regeneratif braking yang mampu mengisi ulang energi saat mobil mengerem. (Realitasonline.id/Hyundaimobil.co.id)

Realitasonline.id | Hyundai Ioniq 6 bukan hanya sekadar mobil listrik dengan desain futuristik, tapi juga punya rahasia teknologi di balik efisiensinya.

Salah satu yang jarang dijelaskan adalah regeneratif braking, sebuah sistem yang memanfaatkan pengereman untuk mengisi baterai.

Saat pedal rem diinjak, motor listrik diubah fungsinya menjadi generator, menghasilkan energi listrik dari momentum roda yang melambat.

Baca Juga: Rahasia Mode Tersembunyi di Toyota Fortuner yang Jarang Dipakai Pemilik, Padahal Bisa Bikin Berkendara Lebih Nyaman dan Efisien

Energi itu kemudian dikirim kembali ke baterai utama. Jadi, setiap kali pengemudi melambat, baterai justru mendapat tambahan daya.

Teknologi ini membuat perjalanan lebih hemat energi, apalagi di kondisi lalu lintas padat dengan stop-and-go seperti kota besar.

Banyak pengguna baru terkejut saat tahu, bahwa semakin sering mobil melambat dengan sistem ini, semakin tinggi efisiensi energi yang didapat.

Baca Juga: Sambil Ngopi, Kajari Binjai Dr Iwan Setiawan Tatap Muka dengan Kalangan Media

Hyundai Ioniq 6 bahkan memungkinkan pengaturan level pengereman regeneratif lewat paddle shifter di belakang setir.

Dengan begitu, pengemudi bisa memilih seberapa besar efek pengereman dan seberapa banyak energi yang akan dikembalikan ke baterai.

Fitur ini disebut i-Pedal, yang memungkinkan mobil dikendarai hanya dengan satu pedal, gas saja, karena pengereman otomatis ikut aktif.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Ini Upaya Bank Indonesia Pematangsiantar

Di jalan menurun, regeneratif braking bekerja optimal. Energi yang biasanya hilang sebagai panas, kini disulap jadi tambahan daya baterai.

Tak heran, Hyundai mengklaim jarak tempuh Ioniq 6 bisa lebih panjang dibanding EV lain di kelasnya berkat efisiensi ini.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Efendi Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X