Cara Merawat Transmisi dan Sistem Penggerak Chery Tiggo 8 Generasi Kelima Agar Tetap Halus, Responsif, dan Tidak Goyang Saat Stop–Go Harian

photo author
- Kamis, 13 November 2025 | 22:42 WIB
Keterangan foto: Chery Tiggo 8 (Realitasonline/ chery.co.id)
Keterangan foto: Chery Tiggo 8 (Realitasonline/ chery.co.id)


Realitasonline.id - OTOMOTIF | Selain mesin turbo, salah satu hal yang juga harus dipahami pemilik Chery Tiggo 8 Generasi Kelima adalah cara merawat transmisi dan sistem penggeraknya. Banyak pemilik mobil modern selalu fokus ke mesin saja, tetapi lupa bahwa transmisi adalah komponen yang sama pentingnya. Transmisi modern bekerja 24 jam per detik secara real time membaca sensor throttle, sensor kecepatan roda, sensor gaya mengemudi, sampai sensor temperatur oli transmisi. Transmisi modern itu bukan “gearbox besi”, tetapi sistem kompleks dengan logic komputer. Karena itu, pemilik Chery Tiggo 8 Generasi Kelima harus memahami pola pemakaian yang benar dan cara perawatan harian yang sehat agar transmisi tetap halus, tidak gampang slip, dan selalu responsif.

Berikut cara merawat transmisi Tiggo 8 Gen-5 secara realistis.

Jangan menginjak gas dalam saat posisi mobil masih merayap pelan

Banyak pemilik mobil turbo punya kebiasaan salah: mobil masih merayap pelan (misalnya keluar parkir), tetapi gas langsung dihajar dalam. Ini membuat transmisi kaget. Mobil modern termasuk Tiggo 8 Gen-5 sudah punya logic untuk menahan slip clutch / lock up. Tetapi kalau gas sering dipaksa mendadak, logic-nya akan beradaptasi ke “gaya mengemudi kasar”, dan ini bikin mobil terasa kurang halus setelah beberapa minggu.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Tesla Model 3 2025 di Era Mobil Listrik Asia Tenggara

Cara paling aman:
keluar parkir pelan → tunggu 1 detik → baru injak gas lebih dalam.
ini membuat perpindahan torsi lebih smooth.

Hindari pindah D ke R atau R ke D secara buru-buru saat mobil masih bergerak

Ini adalah kesalahan klasik yang paling sering merusak transmisi mobil modern. Kadang saat putar balik atau mau parkir mundur, mobil masih sedikit maju tapi tuas langsung digeser dari D ke R. Sistem modern mampu menahan, tetapi stress komponen sangat besar.

Rule simple:
mobil harus berhenti total (0 km/jam) baru pindah tuas D ke R.
Jangan merasa sombong “ah mobil modern kan kuat”. Ya kuat, tapi kalau diulang setiap hari, transmisi akan cepat kasar dalam 1-2 tahun.

Baca Juga: Perbandingan Tesla Model 3 2025 vs biaya charging instalasi rumah? Minat Beli Nggak Nih?

Rajin cek kualitas oli transmisi sesuai interval

Transmisi adalah komponen yang sangat sensitif terhadap kualitas oli. Oli transmisi bukan oli mesin. Ia tidak terkontaminasi pembakaran, tetapi ia teroksidasi panas dan shear akibat gesekan komponen. Pemilik Chery Tiggo 8 Gen-5 harus mengikuti interval servis resmi, tetapi jika mobil sering dipakai:
macet harian
banyak stop-go
sering tanjakan flyover
lebih baik jadwalkan pengecekan kondisi ATF sedikit lebih sering (sekitar 30.000 – 40.000 km untuk evaluasi kondisi)

Transmisi lebih senang oli bersih = perpindahan gear lebih halus.

Jangan sering “nge-rem engine” pakai mode manual

Tiggo 8 Gen-5 punya mode manual yang memberi sensasi kontrol. Tetapi untuk harian, jangan keseringan pakai engine brake manual dari gigi tinggi ke gigi rendah secara mendadak. Itu membuat torsi negatif menghajar transmisi.
Gunakan mode manual hanya saat:
ingin menahan gigi ringan di turun gunung
ingin melewati truk besar
ingin memotong cepat di jalan pendek
Jangan dipakai untuk gaya balapan stoplight di kota.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Terpopuler

X