Realitasonline.id | Motor matic semakin merajalela populasinya. Apalagi jika kita sering berkendara di kepadatan lalu lintas, motor matic jelas jadi andalan karena lebih praktis. Namun posisi mesin motor matic yang tersembunyi di balik bodi motor, menyimpan potensi masalah yaitu overheat. Nah di artikel ini akan dijelaskan penyebab overheat di motor matic. Yuk disimak.
Sistem pendinginan mesin motor matic terbagi menjadi dua, pendingin udara dan pendingin cairan. Keduanya penyebab mesin overhat yang berbeda. Pada mesin pendingin udara, bagian mesin didinginkan oleh kipas yang digerakan mesin atau istilahnya forced air cooling. Kipas pendingin ini meniupkan udara ke area cylinder dan head. Agar udara maksimal, area cylinder dan head motor matic pendingin udara pasti akan tertutup cover plastik. Cover itu agar udaranya bisa fokus mendinginkan area tersebut.
Namun banyak pemilik motor matic yang tidak menyadari sistem pendinginan ini, dan malah melakukan modifikasi yang salah. Misalnya mengganti atau memasang cover pada bagian lubang kipasnya. Cover yang terlalu rapat, malah menghambat pasokan udara yang bisa ditiup kipas. Apalagi sekarang banyak cover kipas model spinner yang rapat. Hati-hati ya Bro Deltalube, pastikan modelnya tidak terlalu rapat.
Hal lebih parahnya adalah melepas cover plastik di area cylinder dan head. Angin yang sudah ditiup kipas malah jadi tidak fokus mendinginkan. Bahkan ada yang lebih ekstrem dengan melepas kipas pendingin, ini sih sudah jelas bikin overheat.