Realitasonline.id | Turbocharger adalah alat yang meningkatkan tenaga mesin dengan memanfaatkan gas buang untuk memampatkan udara masuk ke ruang bakar.
Udara yang dipampatkan membuat pembakaran lebih padat dan efisien, hasilnya tenaga mesin meningkat tanpa menambah kapasitas silinder.
Komponen utama turbo meliputi turbin dan kompresor yang dihubungkan poros, bekerja dengan kecepatan tinggi hingga ratusan ribu RPM.
Turbo biasa dipasang di mobil diesel atau bensin untuk mengejar efisiensi dan performa, kini juga banyak dipakai di mobil harian.
Keuntungan utama turbo adalah peningkatan tenaga signifikan tanpa harus ubah mesin secara besar-besaran atau bore-up.
Selain tenaga, turbo juga membantu efisiensi bahan bakar saat digunakan secara optimal dan dikombinasikan dengan ECU pintar.
Namun, turbo punya risiko seperti turbo lag, panas berlebih, dan tekanan berlebih jika tidak ditangani dengan tuning yang benar.
Perlu sistem pendingin ekstra seperti intercooler dan oil cooler agar suhu kerja turbo tetap aman dan performa stabil.
Perawatan turbo harus rutin, termasuk ganti oli berkualitas tinggi dan pengecekan tekanan boost agar umur pakai lebih panjang.
Meski bertenaga, turbo tetap butuh kontrol dan perawatan. Salah pemasangan atau tuning bisa bikin mesin jebol dalam waktu singkat (EF).