realitasonline.id - Cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level)?
Inilah yang harus dijawab mahasiswa PPG Prajabatan dalam UAS atau Ujian Akhir Semester tentang pengalamannya sebagai guru untuk mengetahui capaian pembelajaran siswa.
Termasuk bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk mengetahui capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TaRL.
Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) menekankan pentingnya menyelaraskan pembelajaran dengan tingkat pemahaman siswa.
Guru dapat menggunakan beberapa strategi untuk menilai capaian pembelajaran masing-masing siswa dalam menerapkan pendekatan TARL:
1. Pre-assessment:
Lakukan pre-assessment sebelum memulai materi baru. Ini dapat berupa kuis singkat, pertanyaan lisan, atau aktivitas ringan yang membantu mengidentifikasi tingkat pemahaman awal siswa terhadap topik tersebut.
2. Formatif Assessment:
Gunakan formatif assessment secara teratur selama pembelajaran.
Ini bisa berupa pertanyaan, tugas singkat, atau proyek kecil yang memungkinkan guru melihat kemajuan siswa secara berkala.
3. Observasi Aktivitas Kelas:
Amati interaksi dan partisipasi siswa selama kegiatan pembelajaran.
Perhatikan reaksi siswa terhadap materi dan apakah mereka dapat mengaplikasikan konsep-konsep yang diajarkan.
4. Peer Assessment: