Ada Keluhan dan Aspirasi? Khusus Masyarakat Sumut Bisa Manfaatkan Layanan LAPOR di Website ini

photo author
- Rabu, 23 April 2025 | 12:19 WIB
Pj Sekdaprov Sumut Effendy Pohan didampingi Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Rita Tavip Megawati menerima audiensi Rektor Universitas Murni Teguh di ruang kerja Sekda lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro 30, Medan, Selasa (4/2/2025).
Pj Sekdaprov Sumut Effendy Pohan didampingi Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Rita Tavip Megawati menerima audiensi Rektor Universitas Murni Teguh di ruang kerja Sekda lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro 30, Medan, Selasa (4/2/2025).

Realitasonline.id – Medan | Pemprov Sumut mengimbau masyarakat manfaatkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui www.lapor.go.id. Di bawah kepemimpinan Gubernur Bobby Nasution dan Wagub Surya, Pemprov Sumut ingin terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

 

Hal tersebut disampaikan Pj Sekdaprov Sumut Effendy Pohan di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Rabu (23/4/2025). Menurut Effendy Pohan, pengaduan dan aspirasi dari publik sangat penting untuk meningkatkan partisipasi publik dalam mendukung suksesnya pencapaian visi-misi daerah yaitu "Kolaborasi Sumut Berkah menuju Sumatera Utara yang Unggul, Maju dan Berkelanjutan".

 

Effendy Pohan mengatakan, melalui aplikasi LAPOR, laporan dan aspirasi masyarakat dapat tersampaikan langsung kepada pihak yang berwenang. LAPOR merupakan saluran pengaduan  Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang terhubung dengan 34 kementerian, 34 Pemprov, 396 Pemkab, 94 Pemkot dan 100 lembaga.

 

Baca Juga: Pemprov Sumut Tahan 4 Kendaraan Dinas, Kepala BKAD Dapat Perintah dari Bobby Nasution

 

 

“Ini merupakan salah satu layanan yang cukup efektif agar siapa saja dapat menyampaikan pengaduan maupun aspirasinya secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik,” kata Effendy Pohan.

 

Ditambahkannya, masyarakat perlu memaksimalkan layanan ini agar kinerja pemerintah dalam melayani masyarakat bisa terus meningkat. Selain itu, melalui layanan ini diharapkan partisipasi masyarakat  dapat lebih ditingkatkan.

 

Selama tahun 2024, ada 199 laporan terverifikasi yang ditujukan kepada Pemprov Sumut di SP4N Lapor di tahun 2024. Sebanyak 143 (sekitar 73%) laporan telah dielesaikan di tahun 2024, sisanya akan diselesaikan ditahun berikutnya.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Iin Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Kota Medan Kirim 5 Armada Damkar ke Aceh Tamiang

Sabtu, 20 Desember 2025 | 15:43 WIB

UMP Sumut 2026 Naik 7,9 Persen Kini jadi Rp3.228.971

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:07 WIB
X