Telin dan Dialog Axiata Teken Perjanjian Kemitraan Strategis Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

photo author
- Sabtu, 20 April 2024 | 15:27 WIB
Chief Commercial Officer Telin (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis. (Realitasonline.id/Dokumen)
Chief Commercial Officer Telin (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis. (Realitasonline.id/Dokumen)

Realitasonline.id| JAKARTA - Telin dan Dialog Axiata PLC menandatangani perjanjian layanan induk master (Master Service Agreement/MSA).

Telin merupakan anak perusahaan Telkom Indonesia diketahui saat ini melayani pelanggan global. Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka.

Telin akan secara eksklusif menyediakan Layanan Terkelola untuk trafik SMS A2P (Application to Person) internasional dan trafik terminasi suara internasional untuk Dialog Axiata.

Baca Juga: Luar Biasa Telkom Indonesia Bisa Raih Penghargaan Ini 3 Tahun Berturut-turut

Perjanjian ini ditargetkan untuk monetisasi trafik internasional sekaligus memberikan lebih banyak kenyamanan, keamanan yang lebih baik, cakupan global dan kualitas layanan yang konsisten kepada pelanggan Dialog Axiata.

Penandatanganan ini juga melambangkan komitmen kedua perusahaan untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di seluruh dunia.

Maraknya spam, penipuan, dan pesan SMS yang mengganggu telah menjadi perhatian utama bagi banyak operator di industri telekomunikasi.

Dengan pertumbuhan eksponensial komunikasi seluler dan konektivitas digital, penyebaran pesan yang tidak diinginkan menimbulkan tantangan yang signifikan bagi konsumen dan penyedia layanan.

Telin pun akan mengelola layanan suara dan pesan internasional dari sesama anak perusahaan Telkom, yaitu Telkomsel, dan menyediakan konektivitas berkualitas untuk para hyperscalers dan operator untuk terhubung dengan para pelanggan Telkomsel.

Baca Juga: Infomedia Telkom Indonesia Hadirkan Aplikasi Omnix Commerce Bantu UKM Kelola Sistem Marketplace

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Dialog Axiata, yang sangat peduli untuk melindungi pelanggan dan jaringan mereka dari trafik yang tidak diinginkan," kata CEO Telin, Budi Satria Dharma Purba.

Mereka memahami tantangan yang ada di pasar dan telah bersikap sangat bijaksana dalam negosiasi perjanjian ini, sebutnya.

Kami berharap MNO (mobile network operator) lain dapat mengikuti langkah mereka sehingga kepercayaan terhadap bisnis A2P dan Voice dapat dipulihkan di seluruh dunia, kata CEO Telin.

Sementara itu, Director/Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC, Supun Weerasinghe menambahkan kemitraan strategis bersama Telin ini juga akan mempertegas komitmen perusahaan untuk melindungi pelanggan.

Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Telin dalam kemitraan strategis ini, yang mempertegas komitmen kami untuk melindungi pelanggan dan meningkatkan integritas komunikasi internasional, kata Supun Weerasinghe.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB
X