4 Provinsi di Indonesia Hadapi Masalah Lahan Kritis, Telkom Bantu Reboisasi 33 Ribu Lebih Bibit Pohon

photo author
- Jumat, 3 Mei 2024 | 16:54 WIB
Telkom mendukung pemulihan 82,1 Ha lahan kritis melalui reboisasi 33.800 bibit pohon. (Realitasonline.id/Dok)
Telkom mendukung pemulihan 82,1 Ha lahan kritis melalui reboisasi 33.800 bibit pohon. (Realitasonline.id/Dok)

Realitasonline.id| JAKARTA - Telkom mendukung penuh program pemerintah pembangunan berkelanjutan dan pemulihan lahan Kritis yang saat ini dihadapi 4 provinsi di Indonesia.

Lahan kritis ini terjadi lantaran tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman yang dilakukan masyarakat.

Hal itu diperoleh dari Data Kementerian Kemaritiman dan Investasi tahun 2022 bahwa luas lahan kritis nasional mencapai 12.744.925 hektare.

Baca Juga: Ungkap Rahasia Dari Honda Civic 1.5 GM 1989: Mobil Bekas Jenis Sedan Yang Dibandrol Dengan Harga Murahnya

Telkom bergerak ikut melakukan pemulihan lahan kritis di beberapa titik di 4 provinsi yakni Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur juga di Jabodetabek.

Pemulihan lahan kritis di titik-titik tersebut dilakukan Telkom sepanjang tahun 2023.

Bentuk bantuan yang disalurkan di antaranya reboisasi lahan kritis dan konservasi alam penanaman pohon dengan total bibit yang disalurkan sebanyak 33.800 bibit untuk 82,1 Ha luas lahan yang tersebar di 4 provinsi.

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan air hujan yang berturut-turut.

Kegiatan reboisasi lahan kritis ini dapat membantu meningkatkan kesuburan tanah serta membuat udara yang dihirup oleh masyarakat tetap bersih dan sehat.

Lahan-lahan yang telah direboisasi ini pun dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang juga mendukung peningkatan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Baca Juga: Fantastik Mei! Mobil Bekas Suzuki Celerio MT 2016 Kini Tersedia dengan Kredit Syariah di DKI Jakarta

Intervensi sosial dilakukan Telkom Indonesia demi menciptakan perubahan terencana terhadap masyarakat, baik individu maupun komunitas ke arah yang lebih baik melalui program-program yang berkelanjutan, kata Senior General Manager Community Development Center Telkom, Hery Susanto.

Kami juga senantiasa mengukur dan mengevaluasi keberhasilan atas upaya-upaya yang telah dilakukan untuk memastikan fungsi sosial yang dijalankan sesuai dengan harapan, tambahnya.

Salah satu penerima bantuan, Wawan yang juga merupakan anggota kelompok tani mengungkapkan rasa syukur dan antusiasme atas adanya program ini.

Dirinya menyebut program reboisasi sangat membantu mereka melewati fase pasca bencana di tahun 2020 lalu.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB
X