Realitasonline.id - Jakarta | Telkom meluncurkan ESG brand baru bertajuk “GoZero - Sustainability Action by Telkom Indonesia”. Peluncuran itu diresmikan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Human Capital Management Telkom Afriwandi, serta Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Telkom Heri Supriadi, berlangsung di Pantai Istambul Glagah Wangi, Demak, Jawa Tengah, pada Jumat (15/11).
GoZero - Sustainability Action by Telkom Indonesia, hadir sebagai pembaruan dari ESG brand sebelumnya, EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia) yang diluncurkan pada November 2023 lalu di Yogyakarta. Telkom optimis GoZero dapat menjadi semangat baru bagi perusahaan dalam mewujudkan masa depan berbasis ESG dan bisnis yang berkelanjutan.
“Peluncuran ini bukan sekadar simbol, tetapi merupakan tekad TelkomGroup untuk mewujudkan aksi perubahan berkelanjutan yang diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat luas. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama Telkom secara aktif membuat berbagai inisiatif demi memperbaiki lingkungan kita, karena tentunya upaya ini tidak bisa kita lakukan sendirian,” kata Dirut Telkom Ririek Adriansyah.
Baca Juga: Kawasaki J125 vs Vespa LX: Pertarungan Mesin dan Gaya, Mana yang Lebih Menguasai Jalanan?
GoZero berfokus pada tiga program utama yang meliputi pilar Environmental, Social, dan Governance. Pada pilar Environmental, Telkom berkomitmen untuk mereduksi emisi karbon yang sejalan dengan target pemerintah net-zero emission pada tahun 2060.
Terwujud melalui berbagai inisiatif, seperti pemanfaatan energi terbarukan, efisiensi energi, pengembangan green data center, pengolahan sampah, baik sampah elektronik (refurbish perangkat) maupun sampah dari kantor operasional.
Di pilar Social, Telkom memastikan kesetaraan dalam berbagai aspek di antaranya untuk karyawan, pelanggan, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Salah satunya melalui Digital Inclusion, Telkom senantiasa mewujudkan akses komunikasi yang setara bagi masyarakat di seluruh nusantara, termasuk daerah terpencil. Langkah ini guna mendukung pemerataan akses digital untuk informasi dan pendidikan serta peluang ekonomi yang adil bagi semua.
Baca Juga: DPRD Deli Serdang Minta DMI Aktifkan Subuh Berjamaah dan Sedekah Jumat
Pada pilar Governance, Telkom menerapkan tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) untuk mencegah pelanggaran pada seluruh aktivitas perusahaan melalui sistem pengawasan yang kuat, memastikan integritas dan transparansi di seluruh kegiatan perusahaan, menjaga kepercayaan publik, serta kepatuhan terhadap standar etika.
Pada kesempatan yang sama, dilakukan kegiatan “Aksi Restorasi Bumi” melalui penanaman 10 ribu pohon mangrove di Pantai Istambul Glagah Wangi untuk memulihkan kembali ekosistem yang terdampak abrasi.