Jakarta – Realitasonline.id| Social media influencer sekaligus content creator Reza Pahlevi berbagi kiat sukses bagi pelaku UMKM yang menjalankan bisnis di media sosial (medsos) dalam acara Ngobrol Pintar BRILIANPRENEUR di JCC pada 7 Desember 2023.
Acara tersebut termasuk dalam gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 yang merupakan rangkaian dari HUT ke-128 Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Reza yang memiliki hampir 98 ribu pengikut di akun Instragramnya mengungkapkan dirinya mulai membantu pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya sejak 2014.
Baca Juga: Presiden Joko Widodo Puji Produk UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023
Saat itu dia sudah membuka kerja sama dengan brand yang sudah besar maupun yang baru merintis.
Bahkan saat pandemi Covid-19, dia bersama sejumlah social media influencer lain berinisiatif membantu pelaku UMKM untuk promosi.
“Itu tidak dikenakan biaya apapun. Istilahnya nge-repost doang. Bantuin posting di medsos kita. Saat itu tahun 2020. Ternyata feedback-nya bagus bagi pelaku UMKM banyak yang beli dan banyak yang lihat produknya,” ujarnya.
Oleh karena itu menurutnya kolaborasi jadi kunci pelaku UMKM buat maju di era digital.
Sebab, banyak produk UMKM yang belum terekspos. Padahal produk tersebut memiliki kualitas yang baik.
Baca Juga: Dolar AS Alami Oversold di Pasar Spot Bikin Kurs Rupiah Spot Bergerak Bervariasi Dalam Sepekan
Reza pun berbagi kiat agar pelaku UMKM dapat mengoptimalkan medsos untuk mengekspos produknya.
Menurutnya, pelaku UMKM harus memiliki ketertarikan besar terhadap sosmed.
Pasalnya, dalam mempromosikan produk melalui sosmed, langkahnya lumayan panjang. Alias tidak instan.
Sebelum menggunakan sosmed untuk memasarkan produk, pelaku UMKM harus tahu seperti apa branding dari produknya.
Pelaku UMKM harus memetakan target market, audiens, kompetitor, kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan kompetitor.