nusantara

3 Cara Sederhana untuk Mengatur Waktu, Biar Kamu Tidak Stres dan Tetap Produktif

Kamis, 11 Januari 2024 | 18:06 WIB
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melatih produktivitas seseorang (Pinterest)

Realitasonline.id | Kita punya waktu 24 jam dalam sehari. Tapi rasanya waktu itu selalu kurang karena banyak tugas yang harus dikerjakan.

Tapi ada rasa kewalahan dan tidak tahu harus mulai dari mana. Apakah kamu pernah merasakan seperti itu?

Berikut ada tiga cara sederhana untuk mengatur waktu biar kamu nggak stres dan tetap produktif seperti dilansir dari kanal YouTube inspirasi pribadi.

Baca Juga: Stres Relax Saja! Ini Tips Strategi Ampuh Menghadapi Overthinking, Bisa Dimulai dari Menulis Biar Lebih Terstruktur

1. Buat jadwal

Cara paling dasar untuk mengatur waktu adalah dengan membuat jadwal.

Jadwal akan membuat kamu untuk melacak tugas-tugas yang harus kamu kerjakan dan batas waktunya.

Misalnya, kamu punya tugas kuliah yang harus selesai minggu depan kamu bisa membuat jadwal untuk mengerjakan tugas tersebut selama 2 jam setiap hari selama 5 hari.

Kamu juga bisa membuat jadwal hariannya Lebih detail. Misalnya kamu bisa membagi tugas kuliah kamu menjadi beberapa bagian.

Serta menetapkan batas waktu untuk masing-masing bagian. Jangan lupa untuk menyesuaikan jadwal kamu dengan keadaan yang sebenarnya.

Jika kamu merasa judul kamu terlalu ketat kamu bisa menyesuaikannya.

Baca Juga: Ketua KPU Dampingi Bupati Asahan Tinjau Gudang Penyimpanan Kertas Suara

2. Berikan reward untuk diri sendiri

Manusia akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu jika ada konsekuensi positif yang menyertainya.

Setelah kamu menyelesaikan tugas sesuai jadwal kamu bisa menonton film kau mau makan makanan kesukaan kamu atau menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB