nusantara

Ramah Lingkungan dan Tahan Lama, KAI Ganti Bantalan Rel Kayu dengan Sintetis

Jumat, 25 Oktober 2024 | 14:40 WIB
Jenis bantalan rel kereta api selain terbuat dari beton. (Instagram/@ditjenperkeretaapian)

Realitasonline.id-Jakarta | PT Kereta Api Indonesia (Persero), yang dikenal sebagai KAI, telah memulai program penggantian bantalan rel kayu kereta api dengan bantalan sintetis sebagai upaya mendukung keberlanjutan lingkungan. 

Penggantian ini merupakan bagian dari inisiatif untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan dalam operasional kereta api. Pengadaan bantalan rel berbahan sintetis sudah dimulai sejak tahun 2022, dengan jumlah yang terus meningkat setiap tahunnya.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menjelaskan bahwa dalam dua tahun terakhir, KAI telah menyediakan sebanyak 5.656 batang bantalan sintetis pada tahun 2022, dan pada tahun 2023 jumlah tersebut bertambah menjadi 16.353 batang.

Baca Juga: Prancis akan Bantu Proyek Makan Bergizi Gratis Prabowo

Di tahun ini, KAI menargetkan untuk mengganti 15.864 batang bantalan kayu yang digunakan pada konstruksi jembatan baja menjadi bantalan sintetis. 

Langkah ini diambil karena bantalan kayu dinilai kurang ramah lingkungan dan memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan bantalan sintetis.

Anne menambahkan bahwa bantalan kayu yang biasanya digunakan di jembatan baja lebih ringan dibandingkan bantalan beton, namun lebih mudah lapuk, terutama di daerah dengan kelembapan tinggi.

“Dengan ciri khas tersebut, masa penggunaan bahan sintetis akan lebih lama dibandingkan dengan bahan kayu. Sehingga KAI dapat lebih efisien dalam pembiayaan perawatan prasarananya,” ungkap Anne dalam rilis resmi yang dikeluarkan pada Rabu (23/10).

Baca Juga: Bukan Sekedar Kumpul, Keluarga Besar FKWJ Sepakat Mencoblos Dan Menangkan PMA-AFN

Penggantian bantalan rel kereta api dari kayu ke sintetis ini tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan, tetapi juga pada efektivitas biaya dan keselamatan.

“Biaya perawatan dan masa penggantian bantalan sintetis akan lebih efektif dan efisien dengan jangka waktu lebih lama dibandingkan dengan bantalan kayu. Tidak hanya mempertimbangkan efektivitas dan efisiensi, KAI juga sangat mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan saat memutuskan untuk mengganti bantalan kayu dengan sintetis,” tambahnya.

Sebagai bagian dari proses inovasi ini, KAI juga telah melakukan serangkaian pengujian untuk memastikan bahwa material bantalan sintetis memenuhi spesifikasi teknis yang ditetapkan.

Pengujian tersebut mencakup berbagai aspek, antara lain uji kekuatan lentur, uji ketahanan beban lentur, dan uji ketahanan terhadap cuaca.

Baca Juga: Letkol Inf Slamet Faojan : Hingga Hari Ini Capaian Kerja TMMD ke 122 Maksimal, Warga Senang

Halaman:

Tags

Terkini

ATR/BPN Permudah Masyarakat Cek PPAT Digital

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:17 WIB