Konstruksi dan Fungsi Komponen Mesin Mobil Mengubah Energi Panas Menjadi Energi Mekanik: Yuk Kenalan dengan Fungsi-fungsinya

photo author
- Jumat, 29 November 2024 | 21:13 WIB
Mesin mobil adalah inti dari kendaraan yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik untuk menggerakkan mobil.
Mesin mobil adalah inti dari kendaraan yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik untuk menggerakkan mobil.

Realitasonline.id - Mesin mobil adalah inti dari kendaraan yang mengubah energi panas menjadi energi mekanik untuk menggerakkan mobil.

Mesin mobil modern terdiri dari berbagai komponen yang bekerja bersama untuk menghasilkan tenaga dan memastikan kendaraan dapat berjalan dengan lancar.

Berikut adalah penjelasan mengenai konstruksi dan fungsi komponen utama mesin mobil:

1. Blok Mesin

Konstruksi: Blok mesin adalah komponen utama yang menampung bagian-bagian penting lainnya seperti silinder, piston, dan poros engkol.

Biasanya terbuat dari besi cor atau aluminium agar kuat dan tahan lama.

Fungsi: Blok mesin berfungsi sebagai kerangka utama yang menahan dan menyatukan semua komponen mesin.

Ia juga berfungsi untuk menyalurkan aliran pendingin (air atau cairan pendingin) agar mesin tetap bekerja pada suhu optimal.

2. Silinder

Konstruksi: Silinder adalah lubang atau ruang di dalam blok mesin tempat piston bergerak naik turun. Mesin mobil bisa memiliki satu atau lebih silinder, dan jumlahnya menentukan kapasitas mesin.

Fungsi: Silinder adalah tempat terjadinya pembakaran bahan bakar yang menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil. Setiap silinder memiliki ruang untuk kompresi dan pembakaran campuran udara dan bahan bakar.

3. Piston

Konstruksi: Piston adalah komponen berbentuk silinder yang bergerak naik turun di dalam silinder. Piston terhubung dengan poros engkol melalui batang piston (connecting rod).

Fungsi: Piston bertanggung jawab untuk mengubah tekanan hasil pembakaran bahan bakar menjadi gerakan mekanik. Ketika pembakaran terjadi, piston bergerak naik, menghasilkan tenaga yang menggerakkan poros engkol.

4. Poros Engkol (Crankshaft)

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Miftahul Zannah

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X