Intip Jenis-jenis Rangka yang Ada di Motor

photo author
- Selasa, 29 April 2025 | 21:08 WIB
Rangka Motor Honda (images.app.goo.gl)
Rangka Motor Honda (images.app.goo.gl)

Realitasonline.id| Rangka atau chassis pada kendaraan, bak sebuah pondasi pada rumah. Tugasnya sangat berat karena harus bisa menopang seluruh bagian kendaraan itu sendiri. Pada sepeda motor, rangka berfungsi sebagai pendukung mesin, transmisi, suspensi dan lainnya. Oleh sebab itu, sebuah rangka motor harus mampu menjaga stabilitas berkendara dan nyaman.

Belum berhenti di situ, sebuah chassis motor yang baik dituntut seringan mungkin namun tetap kuat menahan getaran dan goncangan.

Sejatinya, kekuatan rangka bergantung pada konstruksi dan bahan yang digunakan. Bentuknya memang disesuaikan dengan jenis dan peruntukan motor itu sendiri. Oleh karena itu ada beberapa jenis rangka motor yang beredar di pasaran. Yuk, kita intip sama-sama.

Rangka Baja Tekan (Pressed Steel)

Rangka jenis ini terbentuk dari pelat baja yang secara keseluruhan dipres (lempengan). Kebanyakan, rangka jenis ini membentuk pola tulang punggung.

Baca Juga: Cek Rem dan Ban, Persiapan Wajib Sebelum Mudik Agar Aman di Jalan Tol

Rangka Bak (Cradle)

Desain rangka jenis ini terdapat ruang kosong seperti bak. Ruang kosong ini digunakan sebagai penyangga mesin motor. Rangka jenis ini pun terbagi dua, yakni rangka bak tunggal dan ganda.

Rangka bak tunggal bisa dibilang paling sederhana, karena hanya ada dua pipa yang menopang mesin.

Satu di bagian atas dan satu di bagian bawah. Umumnya, diameter pipa bagian bawah lebih kecil. Rangka jenis ini kerap ditemukan pada motor bebek dan motor off-road.

Disebut rangka bak ganda karena terbentuk dari dua buah bak yang menopang mesin dari kedua sisi, dipadu dengan tulang belakang serta downtube tunggal. Rangka ini dirasa lebih kaku dan solid namun tetap ringan. Alhasil, rangka jenis ini biasa dipakai motor-motor dengan kapasitas mesin menengah (150cc-250cc).

Rangka Tulang Belakang

Jenis ini bisa dibilang agak unik, karena terdiri dari pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin bergantung. Alhasil, mesin tampak menggantung akibat rangka bersembunyi di dalam bodi motor.

Baca Juga: Penyebab Karat pada Sepeda Motor dan ini Cara Mencegahnya

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Zufarnesia

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

X