Realitasonline.id - Kawasaki KLX230 versi siap off-road dari Kawasaki memang jadi idola pecinta trail dan petualang alam terbuka.
Nah, dua model yang kamu sebut, yaitu Kawasaki KLX230R dan KLX140R F, memang bukan versi dual-sport (jalan raya + off-road), tapi pure off-road artinya memang hanya buat hajar jalur tanah, bukan legal di jalan raya. Kita bahas satu per satu ya.
KAWASAKI KLX230R – VERSI OFF-ROAD "DEWASA"
Kelebihan:
-
Mesin 233 cc SOHC, pendingin udara, 6 percepatan
Torsi besar dan halus, cocok buat tanjakan ekstrem dan jalur lumpur. -
Suspensi panjang (long-travel)
Depan 37 mm telescopic, belakang Uni-Trak. Main di jalur rocky tetap stabil. -
Bobot ringan (sekitar 115 kg)
Enteng dikendalikan di jalur sempit atau turunan curam. -
Ground clearance tinggi (300 mm)
Aman buat nerjang batu, akar pohon, dan obstacle liar.
Kekurangan:
-
Tidak legal di jalan raya (tidak ada lampu-lampu, spion, plat nomor).
-
Suspensi belum adjustable sepenuhnya – cocok buat pemula-menengah, tapi kalau kamu pro, mungkin akan cari yang bisa di-setting preload & rebound-nya.
KAWASAKI KLX140R F – VERSI TRAIL RINGAN / UNTUK PEMULA ATAU REMAJA
Kelebihan:
-
Mesin 144 cc, SOHC, 5 percepatan
Meski kecil, torsinya cukup buat main di jalur tanah atau bukit ringan. -
Ukuran ban 19" depan & 16" belakang (versi “F”)
Cocok untuk rider remaja atau dewasa bertubuh kecil. -
Tinggi jok lebih rendah dari KLX230R
Jadi lebih mudah dikendalikan untuk pemula. -
Bobot super ringan (sekitar 95 kg-an!)
Kekurangan:
-
Kurang cocok untuk rider tinggi atau berat badan besar
-
Power terbatas jika dibandingkan dengan KLX230R
-
Juga tidak legal di jalan umum