Realitasonline.id | Wuling Alvez dan Toyota Raize hadir di kelas SUV kompak dengan mesin kecil tapi dibekali turbo. Mana yang lebih buas saat diajak ngebut?
Wuling Alvez dibekali mesin 1.5L turbo 145 PS dan torsi 250 Nm. Raize hanya 1.0L turbo, tapi tetap lincah dengan 98 PS dan torsi 140 Nm.
Secara tenaga mentah, Alvez jauh unggul. Tarikan awal terasa lebih galak dan respons pedal gas lebih cepat di RPM rendah.
Baca Juga: Antara Toyota Yaris dan Honda City, Siapa yang Lebih Aman Saat Tabrakan? Hasilnya Mengejutkan!
Namun, Raize unggul dalam efisiensi. Mesin 1.0L turbo-nya ringan dan menyuplai tenaga secara halus tanpa lag berlebih saat gas dibejek.
Saat uji 0–100 km/jam, Alvez mencatat waktu sekitar 9,5 detik. Raize sedikit lebih lambat di kisaran 11 detik, tergantung varian transmisi.
Turbo pada Alvez terasa aktif di putaran rendah, cocok untuk stop and go di perkotaan. Turbo Raize aktif di RPM menengah, cocok buat cruising.
Baca Juga: Sering Muncul Kode 12 di Aerox? Ternyata Ini Penyebab yang Jarang Diketahui!
Dalam hal transmisi, Alvez pakai CVT halus, tapi respons agak tertahan. Raize juga CVT, tapi terasa lebih sporty di mode manual.
Suara mesin Alvez terdengar lebih menggelegar saat turbo aktif. Raize lebih senyap, cocok buat yang suka kenyamanan berkendara.
Untuk manuver dan kelincahan, Raize unggul karena bodi lebih ringan. Tapi untuk akselerasi dan tenaga murni, Alvez tak terbendung.
Baca Juga: Kenapa Motor Harus Diservis Sebulan Sekali? Banyak yang Nggak Tahu Dampaknya!
Kesimpulannya, Alvez lebih unggul soal ledakan tenaga dan performa turbo. Tapi Raize tetap menarik untuk efisiensi dan rasa berkendara halus (EF).