Realitasonline.id | Toyota kembali mencuri perhatian dunia otomotif dengan memperkenalkan mesin pembakaran internal empat silinder terbaru mereka.
Mesin ini merupakan bagian dari keluarga baru Toyota, yang terdiri dari dua varian utama yakni naturally aspirated dan turbocharged.
Keduanya berkapasitas 1,5 liter dan 2,0 liter. Selain lebih ringkas dan ringan, mesin ini juga menjanjikan efisiensi tinggi tanpa mengorbankan performa.
Mesin 2.0 liter yang diberi kode “G20E” ini telah mendapatkan sentuhan dari divisi performa Toyota, Gazoo Racing.
Pertama kali dipamerkan pada konsep GR Yaris M di Tokyo Auto Salon awal tahun ini, mesin ini ditempatkan secara mid-engine dan dilengkapi dengan turbocharger dari IHI.
Menurut laporan majalah otomotif Jerman, Auto Motor und Sport, insinyur Toyota menyebutkan bahwa dengan penggunaan turbocharger yang lebih besar, tenaga di atas 600 hp mudah dicapai.
Hasil itu lebih dari dua kali lipat tenaga mesin tiga silinder 1.6 liter “G16E-GTS” yang digunakan pada GR Yaris, GR Corolla, dan Lexus LBX Morizo RR.
Walau 600 hp terdengar menggiurkan, realisasi tenaga sebesar itu kemungkinan akan terbentur regulasi emisi CO₂ yang semakin ketat.
Toyota kemungkinan akan menyesuaikan output mesin untuk memenuhi standar tersebut.
Baca Juga: Mobkas Tesla Masih Diminati Meski Citra Merek Terguncang, Ini Alasannya
Toyota merancang mesin “G20E” untuk fleksibilitas maksimal. Komponen bisa dipasang secara longitudinal atau transversal, di bagian depan maupun belakang mobil. (***)