Realitasonline.id | Hyundai Santa Fe Hybrid dilengkapi eCVT yang sederhana dan tangguh, serta mesin 1.5 liter naturally aspirated yang luar biasa andal.
Sistem hibrida Hyundai menggunakan mesin turbocharged dengan injeksi langsung yang dipadukan dengan transmisi gearset planetary.
Hyundai Santa Fe Hybrid, tampil mengesankan saat dikendarai dalam mode elektrik.
Baca Juga: Modifikasi Mobkas Karimun GX 2005: Bergaya Rock and Roll dengan Pintu Remote dan Lampu Jimny
Bahkan dengan motor listrik berdaya 59 hp dan baterai traksi hanya 1,49 kWh, SUV ini mampu melaju hingga kecepatan sekitar 72 km/jam sebelum mesin bensin menyala.
Sebagai perbandingan, mayoritas Toyota hybrid modern hanya mampu melaju sekitar 32 km/jam dalam mode EV sebelum beralih ke mesin.
Rancangannya memang tidak mengikuti jejak eCVT seperti pada Prius, namun Hyundai menggunakan pendekatan berbeda.
Baca Juga: Mobil Bekas Toyota Corolla DX Tampil Wah, Modifikasi Jadi Retro Klasik dari Gabungan 3 Unit
Motor listriknya ditempatkan di antara mesin dan transmisi otomatis tradisional, dengan kopling yang memungkinkan pemutusan mesin dari sistem penggerak saat tidak diperlukan.
Mengutip dari laman Insideevs, dalam pengujian mereka konsumsi bahan bakar gabungan hanya mencapai sekitar 28 mpg cukup jauh dari klaim resmi 35 mpg.
Tentu saja, ini bisa disebabkan gaya mengemudi saya yang mungkin tidak terlalu hemat, tapi tetap saja mengecewakan untuk sebuah mobil hibrida.
Baca Juga: Modifikasi Mobkas Karimun GX 2005: Bergaya Rock and Roll dengan Pintu Remote dan Lampu Jimny
Santa Fe Hybrid jelas merupakan jembatan yang baik menuju kendaraan listrik penuh.
Hyundai sebenarnya sudah punya semua elemen untuk membuat versi listrik penuh dari Santa Fe.