Realitasonline.id | Banyak pecinta Toyota Starlet yang memilih modifikasi demi tampilan dan performa yang lebih baik.
Salah satu contohnya adalah Starlet kapsul yang satu ini: tampilannya tetap kalem, tapi ternyata menyimpan kejutan besar di balik kap mesinnya.
Swap engine ke 5E-FE, upgrade matic, hingga detail-detail kecil yang fungsional jadi nilai jual utama.
Pemodif melakukan swap engine 5E-FE, dari karbu ke injection DOHC Matik.
Pemodif mengganti mesin 1300 cc karburator ke 5E-FE 1500 cc DOHC injection lengkap dengan transmisi matik.
Yang menariknya, beberapa part internal mesin diakali pakai milik Galant VR4 karena spare part 5E-FE sulit didapat dan mahal.
Baca Juga: Modifikasi Mobkas Toyota Corona RT100 1975: Sedan Tua dengan Napas Baru, Mesin JZ Bergaya Ceper
Suspensi dan handling sesuai dengan mesin baru. Mesin 5E-FE lebih berat sekitar 300 kg dibanding mesin bawaan.
Dalam menyesuaikan bobot ini, digunakan per Jamex milik Soluna, yang sama-sama bermesin 1500 cc.
Namun, efeknya mobil jadi terlalu jangkung bahkan sampai 4 jari dari fender.
Baca Juga: Rekomendasi Mobil Bekas Terbaik Harga Rp70 Jutaan
Solusinya per dipotong depan-belakang. Belakang tetap standar, karena bobot mesin mayoritas ada di depan.
Detailing eksteriornya dimodif secara fungsional dan estetik. Di antaranya tambahan side marker aftermarket model Jepang (karena versi kapsul lokal tidak ada).