Realitasonline.id | Banyak pecinta Toyota Starlet memilih jalur modifikasi demi tampilan yang lebih segar dan performa yang meningkat.
Salah satu contohnya adalah Starlet kapsul tampil kalem dari luar, tapi menyimpan kejutan besar di balik kap mesinnya.
Konversi dari manual ke matik dilakukan demi kenyamanan berkendara harian, tanpa mengorbankan tenaga.
Baca Juga: Modifikasi Simpel Mitsubishi Destinator, Tampil Beda Siap Berkendara, Ini Spek Eksteriornya
Uniknya, karena suku cadang 5E-FE cukup langka dan mahal, beberapa part internal mesin disiasati menggunakan milik Mitsubishi Galant VR4.
Inovasi ini menjadi bukti kreativitas pemilik dalam membangun mesin yang fungsional tanpa biaya selangit.
Dengan bobot mesin 5E-FE yang lebih berat sekitar 300 kg dibanding mesin standar, suspensi juga harus disesuaikan.
Baca Juga: Modifikasi Mobkas Toyota Avanza 2013: Tampil Kekinian dengan Sentuhan Teknologi dan Gaya
Solusinya, digunakan per Jamex milik Toyota Soluna yang notabene memiliki mesin 1500 cc juga.
Namun, penggunaan per ini membuat tinggi mobil naik cukup signifikan hingga mencapai jarak empat jari dari fender.
Pemodif dalam mengatasi hal ini, per depan dan belakang akhirnya dipotong agar ketinggian mobil lebih proporsional.
Baca Juga: Modifikasi Nissan Grand Livina 2014: Gaya Touring Modern ala Earth Garage, 4 Paket Body Kit
Suspensi belakang tetap dibiarkan standar, karena beban utama berada di bagian depan.
Di bagian luar dan dalam, modifikasi dilakukan secara fungsional dan tetap menjaga estetika.
Tambahan side marker model Jepang, yang tidak ada di versi Starlet kapsul lokal.