otomotif

Kawasaki KLX230 Siap Off-Road, Gak Perlu Dimodif Lagi dan Pilihan Tepat Buat yang Serius Main Tanah!

Senin, 23 Juni 2025 | 11:31 WIB
Kawasaki KLX230 versi siap off-road dari Kawasaki memang jadi idola pecinta trail dan petualang alam terbuka. (Tangkapan Layar YouTube OTOMOTIF TV)

Realitasonline.id - Kawasaki KLX230 versi siap off-road dari Kawasaki memang jadi idola pecinta trail dan petualang alam terbuka.

Nah, dua model yang kamu sebut, yaitu Kawasaki KLX230R dan KLX140R F, memang bukan versi dual-sport (jalan raya + off-road), tapi pure off-road artinya memang hanya buat hajar jalur tanah, bukan legal di jalan raya. Kita bahas satu per satu ya.

KAWASAKI KLX230R – VERSI OFF-ROAD "DEWASA"

Kelebihan:

  • Mesin 233 cc SOHC, pendingin udara, 6 percepatan
    Torsi besar dan halus, cocok buat tanjakan ekstrem dan jalur lumpur.

  • Suspensi panjang (long-travel)
    Depan 37 mm telescopic, belakang Uni-Trak. Main di jalur rocky tetap stabil.

  • Bobot ringan (sekitar 115 kg)
    Enteng dikendalikan di jalur sempit atau turunan curam.

  • Ground clearance tinggi (300 mm)
    Aman buat nerjang batu, akar pohon, dan obstacle liar.

Kekurangan:

  • Tidak legal di jalan raya (tidak ada lampu-lampu, spion, plat nomor).

  • Suspensi belum adjustable sepenuhnya – cocok buat pemula-menengah, tapi kalau kamu pro, mungkin akan cari yang bisa di-setting preload & rebound-nya.

KAWASAKI KLX140R F – VERSI TRAIL RINGAN / UNTUK PEMULA ATAU REMAJA

Kelebihan:

  • Mesin 144 cc, SOHC, 5 percepatan
    Meski kecil, torsinya cukup buat main di jalur tanah atau bukit ringan.

  • Ukuran ban 19" depan & 16" belakang (versi “F”)
    Cocok untuk rider remaja atau dewasa bertubuh kecil.

  • Tinggi jok lebih rendah dari KLX230R
    Jadi lebih mudah dikendalikan untuk pemula.

  • Bobot super ringan (sekitar 95 kg-an!)

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk rider tinggi atau berat badan besar

  • Power terbatas jika dibandingkan dengan KLX230R

  • Juga tidak legal di jalan umum

Halaman:

Tags

Terkini