Realitasonline.id-Toyota Hilux itu identik dengan mobil kerja keras. Tetapi dalam 3–5 tahun terakhir, banyak juga yang memakai Hilux double cabin sebagai mobil harian dalam kota. Di mall ada, di kantor ada, di perumahan cluster pun mulai sering terlihat. Pertanyaannya: enak nggak sih Hilux dipakai harian? Apa saja plus minus-nya kalau kita taruh Hilux sebagai daily car untuk rutinitas kota?
Artikel ini membahas kelebihan dan kekurangannya secara jujur, supaya kamu bisa menilai apakah Hilux benar-benar cocok dipakai untuk harian, bukan hanya kerja lapangan.
Baca Juga: Ini 9 Komponen Penting Toyota Hilux Yang Harus Dicek Rutin Sebulan Sekali Supaya Tetap Prima
1. Kelebihan Hilux Untuk Pemakaian Kota
Pertama, sisi positifnya dulu, Hilux punya visibilitas tinggi
Posisi duduk Hilux tinggi, jadi pengguna bisa melihat lebih jauh ke depan. Dalam lalu lintas padat, ini advantage besar. Driver jadi bisa mengantisipasi kondisi jalan lebih cepat daripada sedan. Rasa aman, Bodi Hilux tebal dan tinggi. Kalau berhenti di belakang mobil lain, terasa aman. Banyak orang bilang ketika pakai Hilux harian, “berasa paling besar” dibanding mobil-mobil kota lain. Mesin diesel hemat dan bandel, untuk harian, keunggulan ini berasa setiap minggu ketika isi solar. Hilux sangat terkenal irit. 1 liter solar bisa menempuh jarak yang jauh. Bahkan untuk stop & go dalam kota, konsumsi Hilux masih sangat masuk akal. Gaya dan image, Tidak bisa dipungkiri, Hilux double cabin memberikan citra “kokoh” dan “maskulin”. Untuk pemilik bisnis, Hilux juga jadi representasi bahwa dirinya tipe pekerja, bukan tipe mewah glamour. Cocok untuk orang yang weekend suka keluar kota, Kalau harian dalam kota, lalu weekend suka offroad ringan, ke perkebunan keluarga, ke pantai, atau jalan tanah ke villa – Hilux adalah kombinasi paling ideal. Mobil harian, sekaligus mobil adventure.
Baca Juga: Toyota Hilux Bekas Proyek Masih Layak Dibeli? Ini Cara Menilai Kondisinya
2. Kekurangan Hilux Untuk Pemakaian Kota
Ini juga harus dibahas secara jujur, karena banyak yang tidak menyadarinya di awal. Suspensi belakang keras, Karena Hilux dibuat untuk membawa beban, suspensi belakangnya keras. Jika jalan kota banyak polisi tidur tinggi dan lubang kecil, getaran akan terasa. Ini bukan rusak. Memang karakter dasar Hilux. Ukuran besar, Lebar bodi besar, radius putar besar. Jadi kalau pakai Hilux di komplek sempit, parkir basement mall, atau lahan parkir ruko kecil, harus lebih sabar. Tidak bisa seflexibel hatchback. Akselerasi start awal terasa berat dibanding mobil bensin kecil, Diesel turbo lebih terasa setelah RPM naik sedikit. Di stop & go lampu merah, mobil bensin kecil akan terasa lebih responsif. Ban mahal dan konsumsi lebih tinggi ketika ban besar, Ban double cabin itu ukurannya besar dan mahal. Apalagi kalau sudah upgrade ke semi offroad. Harus siap budget. Untuk harian sebenarnya cukup ban AT ringan, tidak perlu MT.
3. Cocokkah Hilux Harian?
Jawabannya tergantung kebutuhan dan kepribadian pengguna. Cocok untuk orang yang butuh kendaraan tinggi, kuat, dan irit, suka perjalanan luar kota, tidak masalah dengan suspensi keras, mengutamakan durability dan harga jual kembali. Kurang cocok untuk orang yang sering menyetir di gang sempit, sangat mengutamakan kenyamanan empuk ala MPV, sering bawa bayi atau lansia yang sensitif guncangan. Intinya gini, Hilux itu bukan MPV keluarga. Ini mobil “tahan banting” yang kebetulan masih bisa dipakai harian.
Baca Juga: Tips Memilih Toyota Alphard Bekas Agar Tidak Dapat Unit Mantan Rental High Use
4. Cara bikin Hilux lebih nyaman untuk harian
Kalau memang mau Hilux jadi daily car dalam kota, ada beberapa trik kecil supaya rasa “keras” bisa lebih jinak:
pakai ban AT yang sedikit lebih kecil profilnya, bukan ban MT
jaga tekanan ban tidak terlalu tinggi
pilih velg yang bobotnya ringan
jaga shockbreaker dalam kondisi prima
Sekecil apa pun modifikasi setting ban dan suspensi, di Hilux efeknya terasa ke kenyamanan. Banyak pemilik Hilux yang berhasil membuat mobilnya cukup nyaman untuk harian, hanya dengan memilih ban yang tepat.
Toyota Hilux pada dasarnya bukan mobil untuk kemanjaan dalam kota. Namun justru karena itulah Hilux punya daya tarik sendiri: satu mobil untuk semua kebutuhan. Harian bisa, proyek bisa, luar kota bisa. Meski ada kekurangan seperti suspensi keras dan bodi besar, kelebihannya tetap kuat, aman, irit, tinggi, dan punya image pekerja keras. Jika kamu tipe orang yang lebih mementingkan ketahanan dan fungsi dibanding kenyamanan empuk, maka Hilux adalah daily car yang justru memuaskan. Dia bukan mobil “nyaman” versi keluarga, tapi mobil yang tahan dipakai lama tanpa banyak drama.(KN)