Kehadiran SIMPONI Wujudkan Pelayanan Publik yang Optimal dan Responsif

photo author
- Minggu, 10 November 2024 | 20:46 WIB
Pjs Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan didampingi Kepala Perizinan Sofie Saragih dalam sosialisasi aplikasi Simponi  (Realitasonline.id/RH)
Pjs Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan didampingi Kepala Perizinan Sofie Saragih dalam sosialisasi aplikasi Simponi (Realitasonline.id/RH)

Realitasonline.id - Siantar | Perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat menuntut untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik.

Sistem Informasi Perizinan Online Terkini (Simponi) merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang semakin baik.

Demikian disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pematangsiantar Drs Matheos Tan MM saat membuka sosialisasi aplikasi Simponi, di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar, kemarin.

Baca Juga: Ombudsman RI dan Bappenas Kunjungi Pemkab Langkat, Sinergi untuk Tingkatkan Standar Pelayanan Publik

Menurut Matheos, Simponi merupakan salah satu inovasi yang dilakukan Pemko Pematangsiantar dalam mendukung tata kelola pemerintahan yang semakin baik.

Pada kesempatan ini, Matheos menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan berkolaborasi di dalam pengembangan Simponi.

"Sistem Informasi Perizinan Online ini adalah langkah besar dalam upaya meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses perizinan dan non perizinan di Kota Pematangsiantar," sebutnya.

Baca Juga: PPP Duduki 5 Kursi DPRD Sergai, Hari Ananda Optimis Perkuat Kebijakan dan Pelayanan Publik

Matheos menilai inovasi ini tidak hanya bertujuan mempermudah proses administrasi. Tetapi menciptakan iklim investasi yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

Hal ini juga merupakan bagian dari transformasi digital, di mana digitalisasi adalah kebutuhan yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu diperlukan komitmen untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi agar pelayanan yang diberikan semakin optimal.

Pada acara sosialisasi ini, dipresentasikan fitur-fitur aplikasi Simponi serta didemonstrasikan cara penggunaannya. "Kehadiran Simponi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju pelayanan publik yang lebih baik dan responsif serta memberikan dampak positif bagi kepuasan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik," tukas Matheos.

Baca Juga: Kemenag Raih Penghargaan Penyelenggara Inovasi Pelayanan Publik Terbaik Tahun 2024 dari MenPANRB

Kepala DTMPTSP Kota Pematangsiantar Sofie Saragih dalam laporannya menyebutkan aplikasi Simponi meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses perizinan dan non perizinan di Kota Pematangsiantar.

Dengan memanfaatkan teknologi, proses permohonan perizinan dan non perizinan yang diajukan oleh masyarakat dan pelaku usaha di Kota Pematangsiantar menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat, mendukung tata kelola pemerintahan semakin baik. (RH)

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Mery Ismail

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB

Terpopuler

X