Tarutung - Realitasonline.id | Sistem informasi terpadu Rap Sonang RSUD Tarutung, merupakan terobosan dalam menyatukan sistem pelayanan informasi rumah sakit, demi memberikan kemudahan akses bagi masyarakat luas.
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, dr Janri Aoyagie Nababan melalui Koordinator Rap Sonang, Reinhard Situmorang, Kepada wartawan, Rabu (12/7/2023) mengungkapkan, RSUD Tarutung mengintegrasikan sistem informasi dan pengaduan masyarakat, dalam sebuah program inovasi "Rap Sonang" atau rumah sakit prima dengan sistem informasi komprehensif aman dan terintegrasi.
Renhard menyebutkan, sistem informasi terpadu Rap Sonang RSUD Tarutung merupakan terobosan dan inovasi dalam memberikan pelayanan prima bagi masyarakat luas. Sebelumnya dapat diakses melalui aplikasi 'Malumma' dengan sejumlah program lainnya, kini lewat Rap Sonang.
Baca Juga: Kapolres Padangsidimpuan Dudung Setyawan: Peran MUI Penting Terciptanya Harkamtibmas yang Kondusif
"Terobosan ini direalisasikan, berdasarkan sejumlah pengaduan masyarakat masuk sejak 2022, dimana masyarakat sangat membutuhkan informasi terpadu dari RSUD Tarutung," jelasnya.
Dalam sistem terpadu itu, lanjutnya, manajemen RSUD Tarutung akan menyediakan call center 24 jam untuk semua layanan, dari kondisi sebelumnya yang hanya dapat diakses pada waktu jam kerja saja.
Baca Juga: Hadapi Pemilu 2024, Begini Ungkapan Kapolres Batubara Dirakor Lintas Agama
Selain call center 24 jam, Sebut Renhard, akan diterapkan juga layanan pengaduan secara daring dan luring, mengoptimalkan aplikasi sebelumnya yakni Malumma, termasuk sisi promosi dan publikasi dinilai perlu diketahui masyarakat luas, akan disediakan dalam sistem terpadu dimaksud.
Sistem ini, tambahnya lagi, akan menjadi pusat informasi untuk setiap layanan rumah sakit, demi memudahkan pelayanan, serta memaksimalkan seluruh media informasi demi menghadirkan pelayanan prima.
Baca Juga: Dermaga Galangan Kapal/Dock Milik Pertamina Akan Diaktifkan Kembali
"Melalui kehadiran inovasi "Rap Sonang", masyarakat akan terpuaskan dari sisi pelayanan dan mendorong para staf rumah sakit, memberikan pelayanan prima dengan setulus hati penuh senyum, sapa dan salam," ujar Reinhard.(MN)