STAIN Madina Sambut Positif Perolehan Penghargaan Kemenag Atas Kepatuhan Pelayanan Publik 2024

photo author
- Selasa, 29 April 2025 | 22:06 WIB
Kemenag RI raih penghargaan dari Ombudsman RI dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024.  (Realitasonline.id/Dok)
Kemenag RI raih penghargaan dari Ombudsman RI dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024. (Realitasonline.id/Dok)

Realitasonline.id - Madina | Ketua STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri) Mandailing Natal (Madina) Prof Dr H Sumper Mulia Harahap MAg, mengapresiasi penghargaan diraih Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 oleh Ombudsman RI.

Kemenag RI memperoleh skor 88,53, meningkat dari tahun sebelumnya yang memperoleh skor 85,29 dan perolehan ini meraih predikat 'Kualitas Tertinggi' atau kategori A.

" Kami mengucapkan selamat kepada Kemenag RI atas pencapaian yang luar biasa. Penghargaan ini mencerminkan komitmen kuat dalam memberikan pelayanan publik yang berkualitas, " ujar Sumper Mulia Harahap.

Baca Juga: Tinjau Fasilitas Akomodasi, Irjen Kemenag RI Kunjungi Hotel Jemaah Calhaj Embarkasi Medan di Sektor 3 Makkah

Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen Kemenag untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat. Ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran dalam memberikan pelayanan publik yang prima. 

Menurutnya, keberhasilan ini juga menjadi inspirasi bagi seluruh satuan kerja di bawah naungan Kemenag RI termasuk STAIN Madina untuk terus berbenah dan berinovasi dalam memberikan pelayanan yang cepat, transparan, dan berorientasi kepada kepuasan publik.

Penilaian yang dilakukan oleh Perwakilan Ombudsman RI ini menjadi tolok ukur penting dalam memastikan standar pelayanan publik yang sesuai dengan prinsip-prinsip good governance, yakni akuntabel, partisipatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Insiden Pesawat Garuda Indonesia yang Nyaris Celakakan Jemaah Calhaj Kloter 5, Kemenag RI Tegur Keras

" Sebagai bagian dari Kementerian Agama, STAIN Madina akan terus berkomitmen untuk mendukung penuh agenda reformasi birokrasi serta memperkuat budaya pelayanan prima di seluruh lini institusi, " tuturnya.

Informasi dihimpun, penghargaan yang diraih Kemenag RI dalam penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2024 diserahkan oleh Kepala Keasistenan Management Pengetahuan Ombusdman RI, Aat Sugihartati kepada Sekretaris Jenderal Kemenag RI Prof. Kamaruddin Amin dI Kantor Kemenag RI, Senin (28/4/2025).

" Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi atas capaian Kemenag RI. Dibandingkan tahun 2023, skor Kemenag meningkat dari 85,29 menjadi 88,53, " ujar Aat Sugihartati.

Baca Juga: Sekjen Kemenag RI Tinjau Asrama Haji Medan: Indeks Kepuasan Jemaah Dimulai dari Embarkasi

Sementara Sekretaris Jenderal Kemenag RI Prof. Kamaruddin Amin mengucapkan syukur atas penghargaan yang diberikan Ombudsman RI kepada Kemenag RI.

" Ini menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan mutu pelayanan dan kami pastikan seluruh ekosistem di Kemenag dari pusat hingga daerah berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi bangsa, negara dan Agama, " ucapnya. (RI)

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Mery Ismail

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Gubsu : Bantuan Korban Bencana Harus Tepat Sasaran

Minggu, 21 Desember 2025 | 15:07 WIB

Terpopuler

X