Sekjen Kemenag RI Tinjau Asrama Haji Medan: Indeks Kepuasan Jemaah Dimulai dari Embarkasi

- Sabtu, 27 Mei 2023 | 09:00 WIB
Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali (tengah) bersama Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi serta jajaran Pejabat lainnya, Asrama Haji Medan, Jumat (26/5 2023). (Realitasonline.id/ IW)
Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali (tengah) bersama Kakanwil Kemenag Sumut, Ahmad Qosbi serta jajaran Pejabat lainnya, Asrama Haji Medan, Jumat (26/5 2023). (Realitasonline.id/ IW)

Medan - Realitasonline.id | Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. Nizar Ali melakukan kunjungan dan meninjau pelaksanaan serta pemantapan petugas penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan.

Sekjen Nizar Ali hadir bersama Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farikhah, Rektor UIN SU Prof. Nurhayati didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi, dan Kepala UPT Asrama Haji Medan Ramlan Sudarto.

Sembari memberi pengarahan kepada Petugas PPIH serta Kloter 4 asal Binjai, Tebing Tinggi, dan Tapanuli Utara, Nizar Ali menegaskan, bahwa kepuasan dan kenyamanan jamaah dimulai dari Embarkasi. Untuk itu katanya, Embarkasi harus melayani jamaah sepenuh hati didukung dengan operasional dan fasilitas yang baik pula.

Baca Juga: Dosen Unimed Bawa Misi Mempertahankan Karya Sastra Puisi Ekologi Kelautan di Kampung Nelayan Belawan

“Saya melihat fasilitas Asrama Haji Medan sangat bagus. Tentu itu sangat berpengaruh dengan pelayanan. Saya yakin Embarkasi Medan dapat melayani jamaah dengan baik, sepenuh hati, dan punya komitmen tinggi. Karena itu, pelayanan di Embarkasi harus dioptimalkan, karena jika di Embarkasi saja amburadul, maka jamaah tidak percaya keseriusan kita dalam melayani,” tuturnya, saat meninjau proses pelayanan Calhaj Kloter 4 di Asrama Haji Medan, Jumat (26/5/2020).

Nizar Ali juga mengatakan, tahun ini penyelenggaraan ibadah haji memprioritaskan ramah lansia. Ia menekankan agar seluruh petugas untuk memuliakan jamaah dengan cara menganggap layaknya orang tua sendiri.

“Ini kesempatan para petugas untuk menambah pundi amal, melayani para lansia yang akan berangkat ke tanah suci. Saya berharap para petugas dapat menganggap para lansia tersebut seperti orang tua sendiri. Dengan begitu, maka petugas bekerja dengan sepenuh hati dan punya empati besar,” imbuhnya.

Baca Juga: Gubernur Sumatera Utara Kejar Target Di Akhir Masa Jabatannya Lantik Pejabat Eselon 3 dan 4

Sekjen juga mengapresiasi pelaksanaan Pelayanan Satu Atap karena diyakini menjadi inovasi solutif sehingga pelayanan terhadap jemaah khususnya lansia efektif dan efisien.

“Pelayanan satu atap merupakan inovasi yang bagus yang sedang kita laksanakan saat ini terutama pelayanan kepada Calhaj lansia. Kita melihat bagaimana alurnya yang efektif dan efisien, antara perempuan dan laki-laki dipisah. Pelayanan satu atap didalamnya juga mempermudah perjalanan kebutuhan lansia karena mereka diberi prioritas khususnya yang uzur dan difabel, serta jamaah punya banyak waktu istirahat sebelum melakukan perjalanan udara,” ungkapnya.

Selain itu, Nizar Ali juga mengungkapkan tahun lalu Kementerian Agama meraih predikat luar biasa dalam indeks kepuasan haji. Maka dari itu, dia meminta seluruh petugas untuk bekerja maksimal, memahami tugas dan fungsi masing-masing, melayani sepenuh hati, dan memprioritaskan jamaah lansia terutama difabel.

Baca Juga: Wakil Bupati Lampung Utara Menghadiri Pengajian Akbar Forum Silaturahmi Majelis Taklim

“Semoga tahun ini kita dapat mempertahankan indeks kepuasan jemaah haji. Apalagi sampai meningkat. Ini prestasi yang luar biasa tentunya,” ujarnya.

Sekjen juga meminta para petugas kloter agar bekerja dengan maksimal. Ia meminta seluruh petugas kloter rutin mengecek segala kebutuhan dan situasi terkini baik saat di Embarkasi maupun saat di tanah suci.

Halaman:

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anggota DPRD Sumut Kunker ke UPT Samsat Madina

Kamis, 8 Juni 2023 | 21:51 WIB
X