Mahasiswa Praktikum 2 Kesejahteraan Sosial Fisip USU Ikut Serta Bersama Dinas Sosial Kota Medan dalam Upaya Rehabilitasi Sosial Pemerlu Layanan Kesejahteraan Sosial Kota Medan

photo author
- Jumat, 13 Januari 2023 | 16:42 WIB

M. Rafli Muhajir mahasiswa Kesejahteraan Sosial FISIP USU dengan Supervisor Sekolah Fajar Utama Ritonga., S.Sos., M.Kesos dan Supervisor Lapangan Lamo Mayjend Lbn Tobing telah melaksanakan PKL II di Dinas Sosial Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Praktikum ini berlangsung dari bulan Oktober-Desember 2022.

Rafli memilih Dinas Sosial Kota Medan, Bidang Rehabilitasi Sosial sebagai tempat melakukan PKL 2. Hal ini beralasan karena memiliki keinginan, untuk terlibat langsung dalam suatu instasi pemerintah. Tentu saja ketika melakukan PKL di Tempat tersebut, maka Rafli yakin dan percaya bahwa ide maupun saran nya terkait mengatasi permasalahan sosial akan lebih diterima oleh pihak lembaga dengan begitu Rafli bisa berkontribusi dalam upaya mengatasi permasalahan sosial yang ada di Kota Medan. Dengan melakukan praktikum di Dinas Sosial Kota Medan, Rafli bisa banyak belajar dan mengambil ilmu dari kepala Rehabilitasi Dinas Sosial Kota Medan dan Staff lainnya dalam hal upaya mengatasi permasalahan sosial. Ilmu yang didapatkan nantinya sebagai bekal bagi praktikan untuk menghadapi dunia pekerjaan sesungguhnya yaitu sebagai Pekerja Sosial.

Pada bulan pertama, Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan observasi ke Dinas Sosial Kota Medan. Pada bulan pertama ini juga praktikan menyiapkan keperluan administrasi agar bisa diterima praktikum di Dinas Sosial Kota Medan. Setelah Praktikan sudah diterima, Maka yang dilakukan praktikan ialah menjalin relasi bersama Staf di Dinas Sosial Kota Medan. Ketika relasi sudah terjalin, maka praktikkan siap untuk membantu para staff dalam menyukseskan visi-misi Bidang Rehabilitasi sosial Dinsos Medan. Kegiatan yang dilakukan oleh praktikkan pada bulan pertama masih sebatas dalam ruang lingkup administrasi saja. Salah satu hal yang dilakukan oleh praktikkan ialah ikut membersamai rapat bersama pihak terkait atau yang terlibat dalam menyukseskan visi misi bidang rehabilitasi sosial. Kegiatan lainnya yang dilakukan oleh praktikan ialah mendata dan verifikasi kelayakan calon penerima bantuan sosial Kota Medan dengan kualifikasi penerima yaitu Lanjut Usia dan Penyandang Disabilitas. Tentu saja dalam hal verifikasi ini praktikkan bersama staff lainnya, melakukannya dengan teliti dan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar bantuan tersebut dapat diterima oleh yang berhak/tepat sasaran.  Agenda lainnya yang dilakukan oleh praktikkan pada bulan pertama ialah, Pemasangan Poster sekaligus mengsosiasikan isi poster yang dibuat oleh praktikkan.

Pada bulan kedua, Praktikkan meminta izin kepada kepala Rehabilitasi sosial dinas sosial Kota Medan untuk melakukan mini project dan ikut serta langsung kelapangan dalam hal upaya mengatasi permasalahan PPKS. Setelah mendapatkan izin, Praktikkan ikut serta bersama tim Unit Reaksi Cepat Kota Medan untuk merazia Gelandangan dan Pengemis di sekitar Kota Medan. Setelah Gelandangan dan Pengemis di Kota Medan sudah terjaring dalam razia, maka mereka dikumpulkan dalam suatu tempat untuk dilakukkan pendataan awal dan diproses lebih lanjut.

Dalam upaya mendata klien untuk mencari tau titik permasalahan yang menyebabkan mereka menjadi Gelandangan,Pengemis maupun Lansia telantar. Metode yang Rafli lakukan dalam menyelesaikan masalah klien Rafli menggunakan metode group work yang bersifat general, diantaranya sebagai berikut :

  1. Tahap Assesment

Tahap assesment, adalah suatu proses pemahaman tentang masalah sebagai dasar untuk melakukan tindakan pertolongan dan pemecahan masalah klien. Dalam upaya memahami masalah yang dihadapi klien, Praktikan menggunakan teknik Forum group discussion (FGD). Sasaran klien pada intervensi group ini yaitu PPKS atau Pemerlu layanan kesejahteraan sosial yang terdiri dari  gelandangan, pengemis dan lansia telantar di kota medan. Setelah praktikkan mendapatkan inti permasalahan yang dialami oleh klien, maka dalam hal ini praktikan menyiapkan strategi-strategi untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang dialami oleh klien

  •    Tahap Planning/Perencanaan

Planning atau perencanaan adalah proses penyusunan strategi dalam penyelesaian masalah klien. Adapun permasalahan yang dialami oleh Klien yaitu :

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

PTPN1 Regional 1 Sembelih 13 Lembu, 4 Kambing

Minggu, 8 Juni 2025 | 06:46 WIB
X