Medan - Realitasonline.id | Branding adalah bagian penting dalam membangun usaha atau bisnis. Dalam cara membangun bisnis ada tiga hal penting yang mesti diperhatikan yaitu branding, marketing, dan sales.
Farina Tjahaja, seorang sosial media spesialis dan founder ND Creative menjelaskan pentingnya membangun branding dalam bisnis. Kata dia, branding adalah suatu tanda produk atau jasa yang bisa dikenal pasar atau publik.
"Brand merupakan sebuah nama dari suatu produk atau jasa yang berasal dari sumber tertentu," jelas Farina dalam acara bertajuk 'Sharing Session and Mini Workshop Branding 101' di Kafe Pro&Co, Medan, Sabtu (18/11/2023).
Baca Juga: Mobil Listrik Cina Paling Digemari Anak Muda, Simak Review-nya
"Brand sendiri juga bisa diartikan sebagai tanda pengenal untuk identitas merek di pasar," imbuh Farina.
Farina juga menjelaskan brand identity adalah cara suatu bisnis atau brand mempresentasikan dirinya kepada pasar dan konsumen melalui elemen visual dan non-visual seperti logo, warna, tipografi, karakteristik suara, nilai, dan pesan.
Selain itu, sambung Farina brand identity juga untuk membedakan brand atau merek dari pesaingnya, serta menciptakan kesan tertentu pada konsumen.
"Untuk membuat brand identity, diperlukan sebuah panduan yang disebut dengan brand guideline, agar bisa menjaga dan memastikan konsistensi penggunaan brand identity pada semua media," terang Farina.
Baca Juga: Penjualan Rolls Royce dan Mercedes Benz Terancam di Cina
"Panduan ini dapat mencakup penggunaan logo, warna, jenis huruf, dan elemen desain," kata Owner Well Cookies itu.
Farina mengungkapkan bahwa brand sangat berpengaruh pada suatu bisnis, perusahaan atau individu manapun, karena selain menjadi identitas, juga dapat memberikan keunggulan atas industri yang sama.
Brand sambung Farina dapat membantu orang mengidentifikasi perusahaan atau bisnis tertentu dan produknya.