Kementerian Agama RI Luncurkan Kanal Pengaduaan Jamaah Haji

photo author
- Senin, 12 Juni 2023 | 15:17 WIB
Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi minta Jamaah Haji melaporkan keluhan dan kendala melalui aplikasi "Jamaah Lapor Gusmen". (Realitasonline.id/Irwansyah)
Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi minta Jamaah Haji melaporkan keluhan dan kendala melalui aplikasi "Jamaah Lapor Gusmen". (Realitasonline.id/Irwansyah)

Medan - Realitasonline.id | Kementerian Agama RI meluncurkan kanal pengaduan bagi jamaah haji yang diberi nama "Jamaah Lapor Gusmen". Kanal ini bertujuan untuk memudahkan jamaah haji menyampaikan permasalahannya selama menjalani prosesi ibadah haji di Tanah Suci.

Ketua PPIH Embarkasi Medan Ahmad Qosbi menyampaikan kepada seluruh jamaah haji asal Sumatera Utara dapat melaporkan keluhan ataupun kendala dalam pelayanan selama melaksanakan ibadah haji melalui kanal aplikasi pengaduan melalui ponsel.

"Jamaah Sumatera Utara dapat mengakses aplikasi yang telah diluncurkan Kemenag melalui ponsel pintar masing-masing. Laporkan jika ada kendala dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci jika mengalami kendala, bisa meminta bantuan ketua kloter atau petugas kloter lainnya," tuturnya melalui Humas PPIH Embarkasi Medan Muhammad Yunus, Senin (12/6/2023).

Baca Juga: Menangkan Ganjar Dipilpres 2024, Nikson Nababan: Kader PDI P Akan All Out Kerahkan Seluruh Kekuatan

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Agama Mahmud Syaltout, dalam laporannya mengatakan, kanal ini dapat diakses melalui aplikasi PUSAKA Superapps atau https://laporhajigusmen.kemenag.go.id/.
“Laporan yang masuk di sini akan dimonitor langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas,” terangnya di Madinah, Minggu (11/6/2023).

Dalam kanal tersebut jamaah akan mengisi biodata dan beberapa poin pertanyaan. “Jamaah bisa lapor kalau ada masalah, bentuknya online. Nanti laporan itu bisa dibaca langsung di dashboard. Jadi ketahuan titik masalahnya di mana, untuk selanjutnya dicarikan solusi,” jelasnya

Dikatakan, Gus Men, panggilan akrab Menag Yaqut, telah menegaskan kepada para jamaah agar tidak sungkan melapor ke petugas haji jika menemukan masalah.

Baca Juga: Bupati Dolly Pasaribu Berangkatkan Santripreneur dan SMK Tapsel Menuju SAE Digital Akademi Medan

“Jadi jamaah tidak perlu khawatir laporannya tidak direspon. Nanti kalau sudah tertangani, kita WhatsApp karena di kanal pengaduan itu tercantum nomor telepon pelapor,” ujarnya.

Apabila laporan tidak tertangani, katanya, pihaknya akan memanggil pihak-pihak terkait dengan masalah tersebut. “Kalau belum tertangani kita panggil, seperti tahun lalu. Awalnya jemaah yang melaporkan ketakutan tapi akhirnya bisa diselesaikan.

Baca Juga: Sensasi Baru Nikmati Wisata Sikabungkabung Deli Serdang, Alamnya Wow!

Bahkan Kemenag memberikan reward atau penghargaan sebesar 100 riyal kepada jemaah tersebut. Kalau jamaah yang melaporkan masalah ternyata tidak ada dalam laporan sektor, berarti kan genuine. Kita berikan penghargaan,” janjinya.

Ditambahkannya, seluruh laporan yang masuk ke kanal pengaduan nantinya akan dipilah terlebih dahulu. “Kita lihat mana yang menjadi prioritas untuk segera ditangani.(IW)

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Ayu Kesuma Ningtyas

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Kota Medan Kirim 5 Armada Damkar ke Aceh Tamiang

Sabtu, 20 Desember 2025 | 15:43 WIB

UMP Sumut 2026 Naik 7,9 Persen Kini jadi Rp3.228.971

Jumat, 19 Desember 2025 | 19:07 WIB
X