Realitasonline.id - Dalam dunia kerja, Anda pasti akan menjumpai tipe kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa dari mereka bisa menjadi mitra kerja yang hebat.
Namun, ada beberapa tipe kepribadian yang sulit dihadapi dan tidak serta merta menjadi penghalang dalam pekerjaan Anda.
Sebaiknya tipe kepribadian ini dihindari karena akan sulit menghadapinya di tempat kerja dan menganggu produktifitas Anda. Ini tipe-tipe rekan kerja yang sebaiknya Anda hindari karena ada drama alih-alih bekerja!
- Tukang gosip
Tipe kepribadian yang umum terlihat di tempat kerja adalah orang yang suka bergosip. Bukan rahasia lagi kalau orang-orang seperti itu suka membicarakan orang lain dan menyebarkan rumor tentang dirinya, namun rumor tersebut sering kali tidak benar dan bahkan dilebih-lebihkan.
Tanpa disadari, Anda bisa saja menjadi korban gosipnya meski Anda sedang tidak ada. Pada dasarnya, penggosip mencoba meremehkan orang lain dengan memproyeksikan perasaan tidak aman mereka sendiri atau menciptakan drama untuk menghibur diri mereka sendiri.
- Tukang menyalahkan orang lain
Banyak orang yang suka menyalahkan orang lain di tempat kerja. Faktanya, itu adalah kesalahannya sendiri. Tentu banyak di antara kita yang terkadang menyalahkan orang lain, padahal diri kita sendirilah penyebab situasi atau masalah tersebut.
Namun, tipe “the blamer” ini adalah seseorang yang selalu mengalihkan tanggungjawab diri sendiri kepada orang lain ketika terjadi masalah di tempat kerja.
Mereka jarang mengakui atau meminta maaf atas keraguan, kesalahan, keputusan buruk, atau kinerja buruk. Tidak jarang orang memutarbalikkan kebenaran untuk meyakinkan orang lain bahwa kebenaran versi mereka adalah benar, meskipun sebenarnya tidak demikian.
Baca Juga: 5 Tipe Kepribadian Wanita saat jatuh Cinta: Pendiam dan Romantis, Kamu Tipe yang Mana?
- Drama queen
Tipe kepribadian ini cenderung emosional dan sering kehilangan kendali. Mereka kadang-kadang disebut "ratu drama" atau "raja drama" karena mereka sangat tanggap terhadap segala hal. Tipe ini mengekspresikan emosi berlebihan, mencari perhatian, dan bertindak berlebihan.
Mungkin Anda pernah bertemu tipe orang seperti ini di kantor, ketika memiliki suasana hati yang baik, mereka bisa menjadi menghibur, lucu dan energik.
Namun, jika sesuatu yang tidak terduga terjadi, keadaan bisa menjadi dramatis. Mereka juga sering mengambil keputusan berdasarkan emosi dibandingkan fakta dan data.